Penyebab Kebakaran Gedung Cyber Masih Tunggu Hasil Labfor Mabes Polri

Oleh Ady Anugrahadi pada 08 Des 2021, 15:54 WIB
Diperbarui 08 Des 2021, 15:54 WIB
Pasca Kebakaran, Gedung Cyber Porak-Poranda
Perbesar
Dalam video tersebut tampak ruangan server sudah dalam keadaan porak poranda. Peralatan yang diduga bagian dari server pun terlihat masih menggantung di langit-langit ruangan. (Foto:Liputan6/Yopi Makdori)

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kebakaran di Gedung Cyber 1, Kuningan, Jakarta Selatan masih diselidiki polisi. Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah menerangkan, penyidik tengah menunggu hasil laboratorium dari Mabes Forensik Polri.

Menurut Azis, penjelasan dari tim labfor nantinya menjadi rujukan bagi penyidik untuk menentukkan adanya unsur kelalaian ataupun kesegajaan di balik kebakaran yang terjadi.

"Kan hasil labfor belum keluar karena hasil labfor keluar dulu setelah hasil labfor keluar kita akan tahu di titik mana. Di titik itulah nanti akan muncul siapa yang bertanggung jawab apakah bentuknya di sengaja, atau kelalaian atau kecelakaan," kata dia Polda Metro Jaya, Rabu (7/12/2021).

Azis mengatakan, pihaknya tidak memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan tim labfor meneliti sampel-sampel yang diambil dari Gedung Cyber 1.

"Ya tergantung di sana. Cukup rumit soalnya karena itukan jaringan. Belum tentu di situ terjadi percikan apinya penyebab dari situ berbeda dengan kebakaran rumah biasa," jelasnya. 

 


12 Saksi Dimintai Keterangan

Di sisi lain, penyidik juga mengumpulkan bukti-bukti dengan melakukan pemeriksaan sejumlah saksi. Sejauh ini, ada 12 orang yang telah dimintai keterangan.

"12 orang itu dari pihak gedung maupun pemilik tenant," ujar Azis. 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya