Sukses

PKB: Akan Ada Kejutan di Reshuffle Kabinet

"Kalau sekarang saya menduga akan lebih banyak kejutan kalau reshuffle kabinet di akhir tahun. Kan pasti dugaan saya di akhir tahun atau di awal tahun. Sama-sama mengejutkan nantinya," kata Gus Jazil.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) diprediksi akan melakukan perombakan kabinet (reshuffle) pada Rabu Pon (8/12/2021), namun Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, hingga siang ini, belum ada kabar soal rencana reshuffle kabinet.

"Ini sampai hari ini tertutup ya. Belum ada bisik-bisik dari Istana. Tapi saya melihatnya kalau begini biasanya ada kejutan. Tunggu saja kejutannya. Karena belum ada nih, belum ada," ujar Gus Jazil di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Wakil Ketua MPR ini melihat tak menutup mungkin Jokowi akan melakukan reshuffle pada Rabu Pahing mendatang. "Sampai hari ini kan belum. Dan memang kalau biasanya Hari Rabu ya berarti tinggal satu Hari Rabu lagi di tanggal 22 Desember, apakah mungkin? Mungkin saja, tidak ada yang tidak mungkin. Tapi yang tahu hanya Pak Jokowi," katanya.

Menurut Gus Jazil, dalam melakukan reshuffle, Presiden Jokowi pasti memiliki sejumlah alasan. Pertama, alasan rasional kinerja yang biasanya dilihat dari evaluasi kinerja apakah diperlukan adanya pembaharuan.

Alasan kedua, melihat kondisi objektif yakni perkembangan di koalisi partai politik. "Kalau pertimbangan politik, itu sudah ada karena ada satu partai (PAN) yang bergabung. Artinya ada perubahan disitu sebagai syarat reshuffle itu ada," tuturnya.

Ketiga, alasan reshuffle kabinet yakni Presiden memang menggunakan hak prerogatifnya dengan melihat perkembangan dan dinamika yang terjadi. "Jadi ketika teman-teman wartawan menanyakan isu reshuffle, ya rasional karena memang koalisi berubah," katanya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Ada Kejutan?

Dia sendiri mengaku belum mendapatkan kepastian adanya reshuffle. "Kalau kata Ketum saya (Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar) sih kalau soal reshuffle, bisanya (informasinya) mepet-mepet. Kalau kata Gus Muhaimin begitu, biasanya mepet-mepet, dan saya kan cuma waketum. Tentu yang biasanya tahu para ketum dan pola komunikasinya adalah itu (di detik-detik akhir)," tuturnya.

Gus Jazil hanya mengatakan bahwa dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, Presiden Jokowi kerap membuat kejutan, termasuk dalam hal penyusunan kabinetnya.

"Kalau sekarang saya menduga akan lebih banyak kejutan kalau terjadinya di akhir tahun. Kan pasti dugaan saya di akhir tahun atau di awal tahun. Sama-sama mengejutkan nantinya," kata Gus Jazil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.

    Reshuffle