Sukses

Saat Jokowi Tertarik dan Beli Jaket Bomber Motif Khas Dayak Sintang

Di gerai kain tenun, Jokowi membeli sebuah jaket bomber dengan motif tenun Dayak Sintang yang didominasi warna merah.

Liputan6.com, Jakarta - Kain tenun ikat Sintang yang dipajang oleh salah satu gerai di lobi Bandara Tebelian, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, menarik perhatian Presiden Jokowi.

Dia memutuskan untuk masuk ke gerai tersebut sebelum meresmikan Bandara Tebelian, Rabu (8/12/2021).

"Di satu pojok lobi Bandara Tebelian, Sintang, pagi ini, saya mendapati gerai yang memajang kain tenun ikat Sintang yang menarik," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Rabu.

Jokowi bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR d Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji pun melihat-melihat kain tenun ikat sintang. Adapun kain tenun itu merupakan produksi UMKM setempat.

Di gerai itu, Jokowi membeli sebuah jaket bomber dengan motif tenun Dayak Sintang yang didominasi warna merah. Dia langsung memakai jaket itu untuk meresmikan Bandara Tebelian.

Awalnya, Jokowi tampak lebih tertarik untuk membeli kain tenun. Namun, para menteri dan gubernur merayu Jokowi untuk membeli sebuah jaket.

"Ayo Pak beli Pak, untuk mempromosikan kain tenun Sintang," ucap Gubernur Kalbar.

Jokowi akhirnya memilih jaket bomber tersebut. Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeli seulas kain tenun yang juga langsung dipakai.

"Saya memilih jaket bomber yang langsung saya kenakan ini. Kainnya bermotif manok, yang ditenun pengrajin Desa Umin Jaya dan penjahit dari UMKM Kota Sintang," tutur Jokowi di akun Instagramnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resmikan Bandara

Sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan Bandara Tebelian yang berada di Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, Rabu (8/12/2021). Jokowi berharap Bandara Tebelian dapat melayani kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat.

"Bandara ini sangat penting untuk melayani peningkatan kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat dan melayani arus pergerakan orang yang semakin ramai," kata Jokowi saat peresmian sebagaimana  ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu.

Dia menyebut saat ini era kompetesi antarnegara semakin sengit dan Indonesia harus bergerak lebih cepat. Oleh sebab itu, kata dia, kelancaran konektivitas menjadi kunci agar Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain.

"Kita harus mampu  membuat konektivitas antarprovinsi, antardaerah, antarkabupaten semakin mudah dan lancar, terjangkau oleh masyarakat. Sehingga, sentra-sentra ekonomi yang baru akan tumbuh semakin banyak di berbagai daerah," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.