Sukses

Beberapa Kali Kecelakaan, Polisi Akan Koordinasi dengan Pejabat Transjakarta

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan rencananya duduk bareng sejumlah pejabat bus Transjakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan rencananya duduk bareng sejumlah pejabat bus Transjakarta. Rencananya ini digulirkan pacakecelakaan yang terjadi beberapa hari belakangan.

Sambodo menyebut, pihaknya bakal memberikan rekomendasi kepada kepada pemangku kebijakan di Transjakarta demi meminimalkan kecelakaan lalu lintas. "Satu atau dua hari ke depan saya akan bertemu dengan Dirut Transjakarta kami konsultasikan," kata Sambodo saat dihubungi, Selasa (7/12/2021).

Sambodo mengatakan, pihaknya juga akan melihat sejauh mana pihak manajemen memperbaiki Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Sehingga kecelakaan-kecelakaan bisa dihindari atau setidaknya tidak diulangi," terang dia.

Berdasarkan hasil temuan dari penyidik Ditlantas Polda Metro Jaya, penyebab kecelakaan bus Transjakarta paling banyak akibat faktor human error.

"Ini masih kami susun tapi memang sebagian besar human error. Tentu harus ada perbaikan dari sisi human resourcenya, perbaikan SOPnya, pengawasan driver, perekrutan, pelatihan nanti akan kami lihat," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebagian Besar Akibat Kelalaian Pengemudi

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menerangkan, kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus Trasjakarta menjadi perhatian. Sebagian besar akibat kelalaian pengemudi bus Transjakarta.

"Ada pos PGC yang tertabrak, ada juga sparator yang tertabrak kemudian tadi malam ada penyebrang jalan yang meninggal dunia," terang dia.

Zulpan mengaku pihaknya berencan berkoordinasi dengan pejabat Transjakarta agar kejadian serupa tak terulang lagi.

"Bagaiman meningkatkan keterampilan mengemudi kemudian bagaimana pengetahuan berlalu lintas yang baik kemudiam safety rading demgan melakukan pelatihan-pelatihan secara intens," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.