Sukses

6 Permintaan Jokowi Terkait Penanganan Bencana Erupsi Gunung Semeru

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari ini, Selasa (7/12/2021) dijadwalkan akan bertolak menuju Kabupatan Lumajang, Provinsi Jawa Timur dan meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari ini, Selasa (7/12/2021) dijadwalkan akan bertolak menuju Kabupatan Lumajang, Provinsi Jawa Timur dan meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

Namun, sebelum akhirnya meninjau langsung, Jokowi telah memberikan perintah kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Panglima TNI, Kapolri, serta gubernur dan bupati.

"Bapak presiden sudah memerintahkan untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban luka-luka dan melakukan penanganan dampak bencana," ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam konferensi pers, Minggu 5 Desember 2021.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur harus dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

Jokowi pun turut menyampaikan rasa dukanya bagi para korban dan keluarga yang ditinggalkan sanak saudara.

Berikut 6 permintaan atau imbauan Jokowi terkait bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupatan Lumajang, Provinsi Jawa Timur dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Segera Ambil Tindakan Cepat Tangani Korban

Presiden Joko Widodo memerintahkan bawahannya segera mengambil langkah tanggap darurat menanggulangi bencana erupsi Gunung Semeru.

Jokowi telah memberikan perintah kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Panglima TNI, Kapolri, serta gubernur dan bupati.

"Bapak presiden sudah memerintahkan untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban luka-luka dan melakukan penanganan dampak bencana," ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dalam konferensi pers, Minggu 5 Desember 2021.

 

3 dari 8 halaman

2. Berikan Layanan yang Dibutuhkan

Presiden Jokowi juga memerintahkan untuk memberikan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan pengungsi, serta perbaikan infrastruktur diselesaikan dalam waktu yang singkat.

"Bapak presiden juga memerintahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logisgik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat sangat singkat," ujar Pratikno.

 

4 dari 8 halaman

3. Imbau Warga Ikutin Arahan Petugas dan Minta Kepala Daerah Siaga

Pratikno menuturkan, pemerintah mengimbau kepada masyarakat mengikuti arahan petugas di lapangan dan meningkatkan kewaspadaan. Apalagi Indonesia memang berada dalam wilayah lingkaran api yang rawan aktivitas gunung berapi.

Para kepala daerah dan pejabat pemerintah juga diminta mengajak masyarakat selalu siaga dan bekerja sama mengantisipasi bencana ke depan.

"Kepada kepala daerah dan pejabat pemerintah untuk selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk selalu siaga dan waspada, saling bekerja sama untuk mengantisipasi datangnya bencana semacam ini," ujar Pratikno.

 

5 dari 8 halaman

4. Cari dan Temukan Serta Terus Bantu Korban

Presiden Joko Widodo atau Jokowi, melalui akun Twitter pribadinya menyampaikan arahan taktis soal penanganan bencana erupsi Gunung Semeru.

Jokowi menyatakan, telah memerintahkan Kepala BNPB, Basarnas, menteri terkait, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati untuk melakukan langkah tanggap darurat dengan segera di lokasi bencana.

"Mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana," tulis Jokowi, Minggu 5 Desember 2021.

Jokowi menambahkan, bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur, juga harus dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

 

6 dari 8 halaman

5. Sampaikan Duka Cita

Atas bencana ini, Jokowi menyampaikan rasa dukanya bagi para korban dan keluarga yang ditinggalkan sanak saudara.

Jokowi berdoa, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan kepada semua.

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya juga menyampaikan dukacita yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan luka-luka," tutup Jokowi.

 

7 dari 8 halaman

6. Tinjau Langsung Lokasi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak menuju Kabupatan Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). Jokowi direncanakan akan meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bertolak ke Provinsi Jawa Timur dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Jokowi dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.00 WIB.

Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jokowi akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Lumajang dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Di Lumajang, dia dijadwalkan untuk meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru. Usai peninjauan, Jokowi akan kembali ke Jakarta pada sore hari.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan Jokowi akan menyambangi lebih dari satu titik wilayah terdampak.

Jokowi dikabarkan bakal memastikan posko, dapur umum, dan rumah sakit beroperasi maksimal membantu warga terdampak bencana.

"Seharian akan di Lumajang dan sekitarnya. Adapun titik lokasi yang akan ditinjau, kemungkinan adalah posko yang akan didirikan oleh BNPB, gubernur dan TNI Polri, tentu juga dapur umum disiapkan menteri sosial yang jaraknya tak terlalu jauh, juga ada rumah sakit," jelas Heru kepada wartawan, Senin 6 Desember 2021.

Heru mengatakan Jokowi besok hadir tidak dengan tangan kosong. Jokowi juga akan memberikan bantuan langsung secara pribadi terhadap korban terdampak bencana.

"Pak presiden akan memberi bantuan dari Beliau langsung, untuk para korban Gunung Semeru erupsi," ucap Heru.

8 dari 8 halaman

Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.