Sukses

Polri dan Polisi Selandia Baru Teken Kerja Sama Penanganan Kejahatan Transnasional

Kerja sama antara Polri dengan Kepolisian Selandia Baru diharapkan dapat semakin optimal dalam rangka menanggulangi segala bentuk kejahatan.

Liputan6.com, Jakarta - Polri dan Kepolisian Selandia Baru menandatangani perjanjian kerjasama terkait upaya pencegahan dan pemberantasan kejahatan transnasional. Acara itu dilaksanakan di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan baik secara offline maupun virtual.

"Hari ini kita hadir dalam pertemuan penandatanganan kerja sama dalam pencegahan dan pemberantasan kejahatan transnasional serta peningkatan kapasitas," tutur Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya, Senin (6/12/2021).

Menurut Listyo, kerja sama itu bergerak dari perkembangan lingkungan strategis yang terus berubah dengan cepat dan tidak menentu sehingga berdampak terhadap stabilitas keamanan. Bahkan, modus kejahatan terus berkembang dan kejahatan berdimensi baru muncul seiring dengan perkembangan teknologi.

"Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kepolisian di kedua negara, utamanya dalam menangani terorisme, perdagangan narkoba, penyelundupan ilegal, kejahatan ekonomi dan pencucian uang, kejahatan siber, dan kejahatan transnasional lainnya," jelas dia.

Listyo berharap, kerja sama antara Polri dan Kepolisian Selandia Baru dapat semakin optimal dalam rangka menanggulangi segala bentuk kejahatan. Pasalnya, hal itu dapat berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian nasional.

"Tentunya kita semua berharap hubungan antara Polri dan Kepolisian Selandia Baru semakin erat. Kolaborasi yang efektif akan meningkatkan stabilitas keamanan kedua negara sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi dan mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Listyo.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi Polisi Selandia Baru

Kepala Kepolisian Selandia Baru, Komisioner Andrew Coster lewat virtual menyatakan apresiasinya terhadap Polri dalam fokus penanggulangan kejahatan transnasional.

"Saya sangat senang bahwa penandatanganan ini dapat dilaksanakan. Selama satu dekade terakhir kita telah melaksanakan kerja sama yang baik sekali. Dengan adanya MoU yang kita perbarui ini tentu kita dapat memfokuskan kerja sama kepada hal-hal dan kejahatan yang sudah lazim terjadi pada akhir-akhir ini," ujar Andrew.

Andrew menyebut, salah satu kejahatan transnasional yang menjadi atensi adalah peredaran narkotika, tindak pidana pencucian uang (TPPU), ekstrimisme kekerasan, dan perdagangan manusia.

"Walaupun pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia tapi kita tetap positif bisa terus melaksanakan kerja sama. Dan saya berterima kasih atas kerjasama yang telah dilaksanakan dan saya menantikan waktu dapat bisa bertemu langsung dengan Bapak Kapolri. Sekali lagi terima kasih atas kerja samanya," Andrew menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.