Sukses

DPR Sebut Kapolri Berusaha Hadirkan Wajah Kepolisian yang Profesional

I Wayan Sudirta mengatakan, Kapolri Listyo Sigit dapat membawa perlahan-lahan wajah kepolisian ke arah yang profesional dan melayani hal masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Anggota Komisi III DPR I Wayan Sudirta mengatakan, Kapolri Listyo Sigit dapat membawa perlahan-lahan wajah kepolisian ke arah yang profesional dan melayani hal masyarakat, sebagaimana sesuai arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Hal ini disampaikannya menyikapi hasil Survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kepolisian Republik Indonesia (Polri) saat ini meningkat.

"Dia sudah menangkap maksud baik Presiden dan berusaha keras mewujudkannya," kata Sudirta, Senin (6/12/2021).

Menurutnya, ini jadi modal penting bagi Kapolri, terlebih jika bisa menangkap maksud dan keinginan masyarakat.

"Ngomong sama Presiden mudah, ngomong ke masyarakat juga jadi jauh lebih mudah. Itu karena integritas dia membuat semua pihak lebih percaya," jelas Sudirta.

Dia menuturkan, jika sudah mudah, jalan menjadi lapang. "Ibarat berkendara di jalan tol, integritas dan kepercayaan itu jalan tolnya. Sehingga makin cepat sampai ke target atau tujuan," kata Sudirta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Survei

Sebelumnya, Hasil Survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kepolisian Republik Indonesia (Polri) saat ini meningkat.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyebut tingkat kepercayaan terhadap Polri meningkat menjadi 80,2 persen.

"Angka itu merupakan tertinggi sepanjang sejarah survei opini publik dalam satu dekade terakhir," kata Burhan dalam rilis Indikator pada Minggu (5/12/2021).

Selain itu, Burhan menyebutkan bahwa tingkat kepercayaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelumnya selalu mengungguli Polri sepanjang 2014-2018.

Kemudian, kata Burhan, tingkat kepercayaan terhadap KPK dan polisi imbang pada 2020. Namun pada 2021 tingkat kepercayaan Polri lebih tinggi dibandingkan KPK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.