Sukses

Universitas Brawijaya Sampaikan Belasungkawa Wafatnya Novia Widyasari

Universitas Brawijaya (UB) Malang turut menyampaikan belasungkawa atas wafatnya salah satu mahasiswi di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya bernama Novia Widyasari Rahayu (NWR).

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Brawijaya (UB) Malang turut menyampaikan belasungkawa atas wafatnya salah satu mahasiswi di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya bernama Novia Widyasari Rahayu (NWR). Hal itu disampaikan lewat akun Instagram resmi UB, dikutip pada Senin (6/12/2021).

NWR ditemukan telah tewas di atas makam ayahnya pada 2 Desember 2021. Ia bunuh diri lantaran diduga depresi karena dipaksa untuk mengaborsi janin dalam kandungannya.

"Menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya mahasiswi atas nama NWR," tulis akun UB, Senin (6/12/2021).

UB juga menyampaikan apresiasi dan mendukung langkah cepat yang dilakukan oleh Polri dalam menangani kasus meninggalnya NWR dalam kaitannya dengan hubungan pribadi yang bersangkutan dengan oknum Polri berinisial RB.

UB mengajak seluruh masyarakat untuk menghormati hak-hak pribadi keluarga NWR dengan cara memberi informasi yang bijak agar tidak menimbulkan kegaduhan.

Di samping, pihak UB mengimbau setiap warga akademik UB agar dapat menjaga dan menjunjung tinggi nama baik universitas di masyarakat dengan menegakkan hukum dan/atau etika di masyarakat.

"UB tetap konsisten dan berkomitmen melakukan segala upaya untuk mencegah dan menangani setiap tindakan yang dikualifikasi sebagai kekerasan seksual dan perundungan di lingkungan UB berdasar peraturan perundang-undangan yang berlaku," tekannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Alami Pelecehan Seksual

Diakui UB, NWR merupakan mahasiswi yang masuk ke Prodi Bahasa Inggris angkatan 2016. Dia pada awal Januari 2020 silam sempat juga melaporkan kasus pelecehan seksual yang pernah dialaminya kepada fungsionaris FIB UB.

Pelaku merupakan kakak tingkat NWR yang juga mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FIB UB dengan inisial RAW.

FIB UB, kala itu dikatakan secara cepat menindaklanjuti dengan membentuk Komisi Etik untuk menangani kasus tersebut.

"Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap RAW, dan RAW terbukti bersalah, pihak UB memberi sanksi dan pembinaan kepada RAW, serta pendampingan pada NWR dengan pemberian konseling sesuai dengan aturan yang berlaku," paparnya.

Saat itu, pihak FIB UB sangat menjaga kerahasiaan identitas NWR agar proses akademik tetap berjalan dengan baik.

 

3 dari 3 halaman

Polisi Tangkap Pacar Novia

Novia Widyasari ditemukan tewas di dekat makam ayahnya tempat pemakaman umum Dusun Sugihan, Mojokerto, Jawa Timur pada Kamis 2 Desember 2021.

Diduga ia bunuh diri dengan menenggak racun lantaran depresi setelah dipaksa aborsi oleh kekasihnya, Bripda Randy Bagus Hari Sasongko.

Kini polisi telah menetapkan Randy sebagai tersangka dalam kasus bunuh diri mahasiswi NWR di makam ayahnya. Mahasiswi tersebut sempat menggugurkan kandungan dua kali diduga atas permintaan anggota Polres Pasuruan tersebut.

"Terhadap RB sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polda Jatim," ujar Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Gator Repli Handoko saat dikonfirmasi Liputan6.com, Minggu (5/12/2021).

Gatot menyebut, Bripda Randy menghadapi ancaman maksimal berupa pemecatan melalui sidang kode etik kepolisian.

"Ancaman maksimal PTDH," kata Gatot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.