PMI Kerahkan 2 Unit Hagdlund ke Permukiman Terdampak Erupsi Semeru di Lumajang

Oleh Liputan6.com pada 06 Des 2021, 08:25 WIB
Diperbarui 06 Des 2021, 09:05 WIB
Rumah-Rumah Terdampak Gunung Semeru Meletus
Perbesar
Warga memeriksa rumah yang rusak akibat erupsi Gunung Semeru di kawasan Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Gunung Semeru memuntahkan kolom tebal abu, gas yang membakar dan lava menuruni lerengnya dalam letusan tiba-tiba yang dipicu oleh hujan lebat. (AP Photo/Trisnadi)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, memerintahkan jajarannya untuk menurunkan Hagglund PMI ke lokasi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Perintah JK langsung ditindaklanjuti Staf Biro Sarpras Markas Pusat PMI dengan memberangkatkan 2 unit Hagglund ke Lumajang, Minggu 05/12 malam dari pangkalannya di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.  

Kendaraan multifungsi Hagglund milik PMI ini memiliki roda rantai yang bisa melintasi medan dengan suhu panas. Juga bak bagian belakangnya bisa digunakan untuk mengangkut barang serta manusia.

Kendaraan tersebut juga dapat difungsikan untuk membantu evakuasi korban di daerah yang sulit dijangkau kendaraan biasa, dan mencari korban yang tertimbun debu vulkanik serta lahar dingin.

Diperkirakan Senin (6/12/2021) siang nanti, 2 unit Hagglund tersebut akan tiba di Posko PMI Kabupaten Lumajang. Dalam menjalankan operasi pencarian, Hagglund ini di bawah kendali operasi PMI Kabupaten Lumajang.

PMI Lumajang rencananya akan menempatkan Kedua Hagglund ini di dua sisi Jembatan Gladak Perak Desa Curah Kobokan Kecamatan Candipuro Lumajang yang putus diterjang lahar dingin letusan Gunung Semeru.

Sebanyak 1 unit ditempatkan di posisi akses menuju Kecamatan Candipuro dan 1 unit lagi di Kecamatan Pronojiwo, yaitu akses melewati Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Angkut ke Pos Pengungsian

FOTO: Yang Tersisa dari Amukan Erupsi Gunung Semeru
Perbesar
Seorang pria memeriksa truk yang tertimbun abu vulkanik pascaerupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, 5 Desember 2021. Tiga jenazah ditemukan di dalam truk pasir yang terjebak erupsi Gunung Semeru. (AP Photo/Trisnadi)

Selain membantu pencarian korban dan evakuasi warga, Hagglund ini akan digunakan mengangkut bahan makanan ke pos-pos pengungsian yang tidak bisa dilintasi kendaraan biasa.

Hagglund PMI telah beberapa kali diturunkan membantu evakuasi korban Letusan Gunung, di antaranya erupsi Gunung Merapi tahun 2010, erupsi Gunung Kelud tahun 2011, erupsi Gunung Sinabung tahun 2013, dan kini erupsi Gunung Semeru.

Hagglund ini memiliki ketangguhan bisa melintasi jalur yang dipenuhi debu vulkanik dengan suhu sampai 60 derajat Celsius. 

Seperti ketika tahun 2010 lalu, 2 unit Hagglund PMI dengan dibantu personel grup 2 Kopassus kandang menjangan surakarta, berhasil menembus permukiman Mbah Marijan di Dusun Kinahrejo, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Relawan PMI bersama Tim SAR lainnya berhasil mengevakuasi beberapa jenazah yang berhasil ditemukan didalam rumah warga di kawasan permukiman Mbah Marijan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya