Wapres Ma'ruf Amin Minta Ada Peringatan Bencana Sedini Mungkin

Oleh Delvira Hutabarat pada 05 Des 2021, 14:45 WIB
Diperbarui 05 Des 2021, 14:45 WIB
Wapres Ma'ruf Amin
Perbesar
Wapres Ma'ruf Amin (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta sistem peringatan dini bencana terus diperbaiki untuk meminimalkan jatuhnya korban bencana.

Hal itu disampaikan Wapres terkait letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Sabtu (4/12/2021).

"Supaya bisa menghindari sedini mungkin korban, dan juga pada para petugas supaya mengantisipasi untuk meminimalkan tiap terjadinya (bencana)," ujar Wapres di sela kunjungan kerja di Bali, Ahad (5/12/2021).

Wapres Ma'ruf juga mengingatkan bahwa peringatan dini tidak hanya diperlukan untuk gunung meletus, tetapi untuk bencana lain seperti banjir dan tanah longsor.

"Saya minta mereka supaya dalam setiap saat bukan hanya di sekitar Semeru, tapi dimana semua daerah bencana. Bukan hanya gunung meletus tapi juga tanah longsor, banjir supaya sedini mungkin melakukan upaya pencegahannya," ujarnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mensos hingga Pemkab Lumajang Diminta Dilibatkan

Wapres juga meminta jajaran mulai Menteri Sosial, BNPB, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Lumajang, dan Kementerian Kesehatan sigap membantu warga yang terdampak.

"Saya meminta Mensos, Gubernur Jatim, Bupati Lumajang supaya yang terkena dampak daripada letusan Gunung Semeru itu sigap menangani termasuk BNPB ini untuk terus memantau, dan juga kalangan RS bagi mereka yang harus dirawat," pungkas Maruf.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya