Sukses

Kepala BNPB Gunakan Jalur Darat Menuju Titik Erupsi Semeru

Suharyanto mendarat di Bandar Udara Juanda, Surabaya pada Minggu (5/12) pukul 08.00 WIB untuk segera menuju lokasi titik erupsi Semeru.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto mendarat di Bandar Udara Juanda, Surabaya pada Minggu (5/12) pukul 08.00 WIB untuk segera menuju lokasi titik erupsi Semeru.

Kedatangan Suharyanto disambut oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono, Kepala Polisi Daerah Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta, beserta unsur Forkompimda setempat.

"Setibanya di Surabaya, Kepala BNPB akan langsung bertolak menuju Kabupaten Lumajang melalui jalan darat untuk meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).

Menurut estimasi, perjalanan darat dari Surabaya menuju Kabupaten Lumajang akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam. Diketahui, kedatangan Suharyanto ke lokasi bencana adalah arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Arahan Presiden Jokowi dilakukan guna memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya proses evakuasi korban terdampak dapat berjalan secara optimal dan kebutuhan dasar pengungsi tersalurkan dan diterima dengan baik," jelas Abdul.

Pihaknya menambahkan, bantuan awal dalam rangka penanganan darurat pasca erupsi Gunung Semeru telah disalurkan senilai Rp 1,1 miliar. Diketahui, bantuan disalurkan pada hari yang sama terjadinya bencana.

"Total seluruh bantuan yang diberikan senilai Rp. 1.149,189.300. Pengiriman bantuan logistik tersebut bersamaan dengan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan perwakilan kementerian dan lembaga yang langsung menuju ke Kabupaten Lumajang, Jawa Timur," kata Abdul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arahan Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk segera memastikan tahapan penanggulangan darurat akibat erupsi Gunung Semeru ditangani dengan cepat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto yang menyampaikan arahan Presiden Jokowi. Selain tahapan darurat, juga proses evakuasi korban terdampak dapat berjalan secara optimal, dan memastikan kebutuhan dasar pengungsi tersalurkan dan diterima dengan baik.

Karena itu, dirinya pun langsung turun untuk memastikan semua itu berjalan dengan baik. Terlebih untuk masyarakat yang memang terdampak erupsi Semeru.

"Kami datang untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya penanganan pengungsi ini bisa berjalan secara tepat dan cepat. Dan tentunya kebutuhan dasar dari pengungsi ini akan kami yakinkan untuk dapat terfasilitiasi secara optimal," kata Suharyanto dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).

"Langkah cepat ini kami lakukan atas petunjuk dan arahan bapak Presiden Joko Widodo," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.