Uji Coba Ganjil Genap Akhir Pekan di Depok Berlaku Mulai Hari Ini

Oleh Dicky Agung Prihanto pada 04 Des 2021, 05:40 WIB
Diperbarui 04 Des 2021, 05:40 WIB
ganjil genap margonda raya
Perbesar
Kendaraan melintas di Jalan Margonda Raya Depok, Jawa Barat, Sabtu (25/9/2021). Pemerintah Kota Depok dan Polres Metro Depok berencana menerapkan kebijakan ganjil-genap di Jalan Margonda Raya yang terfokus di ruas Jalan Margonda sebelum flyover UI sampai simpang Ramanda. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Depok - Uji coba pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil genap (gage) pada akhir pekan di Jalan Margonda, Kota Depok, Jawa Barat mulai diberlakukan hari ini, Sabtu, (4/12/2021).

Kasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait pelaksanaan uji coba ganjil genap. Kebijakan itu diambil untuk mengatasi kemacetan di Kota Depok yang kerap terjadi di akhir pekan.

"Jadi untuk besok kita sudah mulai uji lapangan, pelaksanaannya kita laksanakan dengan melibatkan beberapa personel TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kota Depok," ujar Jhoni kepada wartawan di Polres Metro Depok, Jumat (3/12/2021).

Jhoni menjelaskan, Satlantas Polres Metro Depok telah melihat dan menghitung kendaraan yang melintas pada 20 dan 21 November. Terhitung pada 20 November sejak pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB jumlah kendaraan yang melintas di Jalan Margonda mencapai 57 ribu kendaraan.

"Pada Minggunya yakni 21 November kendaraan yang melintas sebanyak 50 ribu kendaraan," jelas Jhoni.

Jhoni mengungkapkan, hasil dari penghitungan kendaraan tersebut dan jalan yang cukup kecil menjadi salah satu penyebab kemacetan. Apalagi pada Sabtu dan Minggu mobilitas masyarakat yang menggunakan kendaraan di Kota Depok cukup tinggi.

"Oleh karena itu kebijakan gage yang kita ambil mudah-mudahan bisa memecah kemacetan lalu linlintas di Kota Depok," ungkap Jhoni.

Untuk membantu kelancaran uji coba ganjil genap yang akan dilaksanakan mulai pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB, pihaknya telah menyiagakan 168 personel gabungan. Petugas gabungan tersebut akan bersiaga mulai pertemuan Jalan Raya Margonda dengan Jalan Raya Juanda hingga flyover UI.

"Kami melakukan filterisasi gage untuk kendaraan roda empat sedangkan untuk kendaraan lain seperti ambulance, pemadam kebakaran, mobil online maupun angkot diperbolehkan melintas," ucap Jhoni.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Belum Ada Penilangan

ganjil genap margonda raya
Perbesar
Kepadatan arus lalu lintas di Jalan Margonda Raya Depok, Jawa Barat, Sabtu (25/9/2021). Pemerintah Kota Depok dan Polres Metro Depok berencana menerapkan kebijakan ganjil-genap di Jalan Margonda Raya pada Oktober 2021 yang akan berlaku hanya saat akhir pekan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Jhoni menambahkan, kendaraan yang pelat nomornya tidak sesuai dengan tanggal pelaksanaan gajil genap akan diarahkan ke jalan yang sudah ditentukan.

Jhoni menegaskan, pada uji coba ganjil genap ini, tidak ada penerapan tilang kepada pelanggar yang melintas di Jalan Raya Margonda.

"Belum ada penindakan, sifatnya masih imbauan dan kami mengimbau kepada masyarakat terhadap kebijakan gage bisa didikung agar persoalan kemacetan pada Sabtu dan Minggu teratasi," tegas Jhoni.

Sebelumnya, rencana uji coba gage sudah disosialisasikan melalui sejumlah media sosial hingga pemberitaan. Apabila gage dinilai berhasil meminimalisasi kemacetan lalu lintas di Kota Depok, akan diberlakukan penindakan untuk penegakan aturan.

"Apabila terjadi kemacetan pada uji coba gage akan kita lakukan pelonggaran," pungkas Jhoni. 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya