Sukses

Sering Kecelakaan, Manajemen Keselamatan Transjakarta Dipertanyakan

Bus Transjakarta kembali mengalami kecelakaan lalu lintas. Terbaru, bus milik BUMD DKI Jakarta itu menabrak Pos Polisi di Cililitan, Jakarta Timur dan melukai petugas sterilisasi jalur busway.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno angkat bicara mengenai sejumlah peristiwa kecelakaan yang melibatkan bus Transjakarta beberapa waktu terakhir.

Insiden kecelakaan sesama bus Transjakarta pernah terjadi di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur pada 25 Oktober 2021. Yang paling terbaru, bus Transjakarta menabrak pos polisi (Pospol) di Cililitan, Jakarta Timur dan melukai seorang petugas sterilisasi jalur busway.

"Jajaran direksi PT Transjakarta harus intropeksi diri. Apakah sistem manajemen keselamatan sudah dijalankan Transjakarta," kata Djoko saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (3/13/2021).

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan pihaknya akan melakukan evaluasi menyeluruh terkait rentetan kecelakaan bus Transjakarta. Evaluasi itu mulai dari para pekerja hingga keadaan bus.

"Kemarin tabrakan, sekarang pos. Nanti akan kita evaluasi lebih lengkap dan menyeluruh apa sesungguhnya masalah yang terjadi sehingga terjadi tabrakan dan nanti kita carikan solusi terbaik," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021).

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Angelina Betris angkat bicara mengenai insiden kecelakaan bus Transjakarta di Cililitan, Jakarta Timur.

Dia menyatakan pihaknya akan memberikan sanksi tegas operator bus maupun pengemudinya

"Untuk selanjutnya PT Transportasi Jakarta memberikan sanksi tegas kepada mitra operator dan menunggu hasil penyelidikan dari pihak kepolisian untuk hasil investigasi lebih lanjut," kata Betris dalam keterangan tertulis, Kamis (2/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sopir Bus Transjakarta Diberhentikan

Sedangkan untuk pengemudinya diberhentikan sementara. Sebab saat ini sopir bus tersebut sedang dimintai keterangan oleh kepolisian.

Lanjut dia, peristiwa kecelakaan tunggal tersebut terjadi pada bus Transjakarta rute 5C PGC-Harmoni. Saat terjadi insiden, bus sedang tidak melayani pelanggan.

Saat akan berputar balik, bus tersebut kemudian menabrak pos polisi dan mencederai seorang petugas Transjakarta yang bertugas untuk patroli sterilisasi jalur busway.

"Petugas sterilisasi jalur yang terimbas kecelakaan tersebut langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.