Sukses

Wagub DKI Jakarta: Data Pemerintah di Gedung Cyber 1 Aman

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastiakan data-data milik pemerinta yang tersimpan di Gedung Cyber 1 dipastikan aman.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastiakan data-data milik pemerinta yang tersimpan di Gedung Cyber 1 dipastikan aman.

"Alhamdulillah di lantai 2 ini tidak ada data-data pemerintah. Memang di gedung ini ada tapi Alhamdulillah tidak terbakar. Data-data pemerintah sejauh ini aman, tapi InsyaAllah sudah ada yang mencover ya," kata dia.

Riza Patria menyampaikan pernyataan itu usai bertandang ke Gedung Cyber 1 di Kuningan Jaksel, Kamis (2/12/2021) malam. Kunjungan dilakukan untuk memantau dampak akibat kebakaran yang terjadi pada siang tadi.

Riza tak menempis Gedung Cyber 1 menyimpan banyak server dan data data penting di dalam server tersebut. Selain data-data pemerintah juga ada data-data milik perusahaan swasta.

"Tapi Alhamdulillah di sini lantai dua saja dari 11 lantai, hanya lantai dua yang terbakar. Memang tidak ada api yang luar biasa tapi asapnya yang luar biasa," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Kebakaran

Kebakaran melanda Gedung Cyber 1, Kuningan Jakarta Selatan hari ini, Kamis (2/12/2021). Adapun kejadian ini memakan korban hingga meninggal dunia.

Kasudin Penanggulangan Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Selatan Herbert Pilder Lumban menduga penyebab kebakaran akibat hubungan arus pendek listrik.

"Diduga arus pendek listrik," kata dia di lokasi, Kamis (2/12/2021).

Herbert menerangkan, api pertama kali muncul dari lantai 2 Gedung Cyber, tepatnya di ruang server. Herbert menyebut, kobaran api tidak terlalu besar. Namun, asap menyelimuti berbagai ruangan.

"Api dari lantai 2 ruang server, tidak merambat asap saja," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.