Sukses

Aparat Gabungan Periksa Warga Depok yang Akan Masuk Jakarta

Tidak sedikit kendaraan roda dua maupun roda empat yang diperiksa dan dimintai keterangan tentang keperluan serta tujuan pengendara melintas di lokasi.

Liputan6.com, Jakarta Jajaran Polres Metro Depok bersama aparat TNI menggelar operasi yustisi sekaligus mengantisipasi pergerakan massa reuni 212 ke Jakarta. Terpantau di lapangan sejumlah anggota kepolisian dan TNI memeriksa pengendara di Jalan Fly Over UI dari arah Depok menuju Jakarta.

Tidak sedikit kendaraan roda dua maupun roda empat yang diperiksa dan dimintai keterangan tentang keperluan serta tujuan pengendara melintas di lokasi operasi yustisi. Selain itu, aparat juga memeriksa penumpang maupun bagasi kendaraan yang melintas.

Tak hanya di di Jalan Fly Over, operasi tersebut juga dilakukan di sejumlah akses jalan penghubung dari Kota Depok menuju Jakarta dan sejumlah stasiun di Kota Depok.

Salah seorang pengendara sepeda motor, Sanudin mengatakan, saat melintas dia terkejut dengan keberadaan anggota Polri dan TNI. Dia pun sempat diminta untuk menepi ke pinggir jalan oleh salah seorang anggota Polres Metro Depok yang bertugas.

"Iya kaget juga tadi sempat dihentikan sementara untuk di periksa," ujar Sanudin di lokasi operasi yustisi, Kamis (2/12/2021) pagi.

Dia menjelaskan, pada saat diperiksa dirinya ditanya tentang tujuan melintas di Fly Over UI. Selain itu, bagasi motor miliknya tidak luput dari pemeriksaan yang dilakukan aparat. Dia sempat menanyakan tujuan operasi aparat gabungan itu, yang dijawab sedang ada operasi yustisi.

"Operasi yustisi, tapi saya pikir ini ada kaitannya dengan Reuni 212 di Jakarta yang sempat ramai di berita," jelas Sanudin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patroli Sejak Malam

Masih di lokasi yang sama, salah seorang pengemudi angkot, Jefri mengatakan saat melintas di lokasi operasi yustisi, kendaraan angkot yang dikemudikannya sempat dihentikan. Di dalam angkot terdapat beberapa penumpang yang sedang menaiki angkotnya dengan tujuan Pasar Minggu.

"Tadi penumpang angkot sempat di tanya-tanya, tapi setelah itu dipersilakan jalan kembali," ujar Jefri.

Dia menuturkan tidak mengetahui adanya operasi di Fly Over UI dan hanya mengikuti perintah petugas untuk meminggirkan kendaraan. Jefri menduga kegiatan yang dilakukan polisi dan TNI itu berkaitan dengan rencana Reuni 212.

"Kayaknya terkait Reuni 212 karena dari semalam saya narik angkot di sejumlah jalan banyak petugas polisi dan TNI berpatroli," pungkas Jefri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.