Sukses

Jelang HUT OPM, Gubernur Papua Barat Imbau Warganya Tak Terprovokasi

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengimbau masyarakat tidak terprovokasi dengan ajakan memperingati Hari Ulang Tahun Operasi Papua Merdeka (HUT OPM) yang jatuh pada 1 Desember.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengimbau masyarakat tidak terprovokasi dengan ajakan memperingati Hari Ulang Tahun Operasi Papua Merdeka (HUT OPM) yang jatuh pada 1 Desember.

"Kepada masyarakat Papua Barat, saya imbau tidak ikut-ikutan dalam aksi kelompok radikal apa pun yang beda pandangan ideologi dengan NKRI," ujar Mandacan di Manokwari, Selasa (30/111/2021).

Dia juga mengatakan bahwa 1 Desember adalah hari biasa bagi Provinsi Papua Barat, dan secara internasional ditetapkan sebagai hari AIDS se-dunia.

"Jadi masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Sementara Kapolda Papua Barat Irjen Tornagogo Sihombing mengatakan bahwa separuh personel Polda Papua Barat, Polres dan TNI dikerahkan untuk pengamanan 1 Desember 2021.

"1 Desember masuk dalam kalender Kamtibmas Polda Papua Barat, sehingga personel Polri di daerah ini akan kami siagakan bersama satuan TNI untuk menjamin keamanan masyarakat dari potensi gangguan kelompok berseberangan ideologi," tutur Kapolda Papua Barat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendekatan Edukasi dan Sosial

Polri menegaskan akan terus menjaga kamananan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Tanah Papua, tidak terkecuali jelang perayaan Hari Ulang Tahun Operasi Papua Merdeka (HUT OPM) yang jatuh pada 1 Desember.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan menyampaikan, pihaknya mengutamakan pendekatan edukasi dan sosial dalam memelihara Kamtibmas Papua.

"Tentu Polri akan menjaga situasi Kamtibmas, upaya-upaya yang dilakukan tentu upaya preemtif, melakukan edukasi sosialisasi, kemdian melakukan upaya pencegahan," tutur Ahmad di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (30/11/2021).

Ahmad menyebut, pihaknya berupaya mengedepankan cara-cara humanis dalam menjaga dan melayani masyarakat.

"Nah itu upaya-upaya yang dikedepankan upaya-upaya edukasi, sosialsisasi, pada prinsipnya kita menjaga situasi Kamtibmas agar aman dan terkendali," kata Ahmad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • opm
    <p style="text-align: justify;"><span style="font-size:14px"><span style="font-family:arial,helvetica,sans-serif">OPM mengandung Omeprazole.&nbsp;OPM merupakan obat yang digunakan untuk mengobati masalah perut tertentu dan masalah kerongkongan.&nbsp

    OPM

  • HUT OPM

  • papua barat

  • Papua