Sukses

HUT ke-50 Korpri, Jokowi: Ubah Cara Kerja dan Hindari Ketidakefisienan

Menurut dia, setiap anggota Korpri apa pun jabatannya harus memiliki nilai dasar yang sama.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan para aparatur negara melakukan terobosan dan inovasi secara berkelanjutan. Jokowi juga mengingatkan mereka untuk mengubah cara pikir dan cara bekerja, khususnya dalam menyelesaikan masalah.

"Ubah mindset cara pikir, cara bekerja, hindari ketidakefisienan, kerumitan, hanya masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh satu sektor saja," kata Jokowi saat berpidato di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) secara virtual, Senin (29/11/2021).

Untuk itu, dia meminta setiap dinas, kementerian, maupun lembaga berkolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, hingga lintas profesi. Jokowi mendorong penerapan e-government untuk meningkatkan kecepatan dan kredibilitas pelayanan.

Menurut dia, setiap anggota Korpri apa pun jabatannya harus memiliki nilai dasar yang sama. Jokowi menekankan semua aparatur sipil negara (ASN) harus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

"Pegang teguh core values aparatur sipil negara. Orientasi pelayanan akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif," jelas Jokowi.

Dalam kesempatan ini, dia menyampaikan bahwa anggota Korpri yang tersebar di seluruh Indonesia telah jadi simpul persatuan dan kesatuan bangsa. Jokowi menyebut Korpri mewujudkan kehadiran negara untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di seluruh pelosok tanah air.

"Perkuat peran saudara-saudara sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Menjaga NKRI, Pancasila, konstitusi, dan Bhineka Tunggal ika," tuturnya.

"Jalin kerja sama yang kokoh dengan seluruh komponen bangsa untuk bersama sama mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan," sambung Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Responsif dan Inovatif

Selain itu, kata Jokowi para anggota Korpri harus mampu memberi solusi dengan cepat dan jitu sehingga dirasakan kehadirannya oleh masyarakat. Disisi lain, dia menyampaikan anggota Korpri harus berada di garda terdepan dalam reformasi birokrasi.

"Memangkas regulasi yang menghambat pelayanan, menyederhanakan organisasi sehingga bergerak lebih lincah dan meninggalkan sekat sekat egosektoral serta membuat prosedur yang rumit menjadi simple dan membuat yang lambat menjadi cepat," ujar Jokowi.

Menurut dia, kemajuan teknologi harus dimanfaatkan dengan baik dam bijak. Jokowi berharap satu data dan pemerintahan berbasis elektronik dapat segera diterapkan di Indonesia.

Tak hanya itu, dia juga mendorong terwujudnya organisasi yang ramping dan sumber daya manusia (SDM) unggul. Hal ini agar anggota Korpri dapat lebih responsif dan inovatif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.