Sukses

BMKG: Hujan Diprakirakan Turun di Sebagian Besar Wilayah Indonesia

BMKG mengimbau warga mewaspadai potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Aceh, Bali, Lampung, Maluku Utara, dan Sulawesi Barat.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di sebagian besar wilayah Indonesia pada hari ini, Sabtu (27/11/2021).

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprakirakan turun di wilayah Provinsi Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara juga menghadapi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

BMKG mengimbau warga mewaspadai potensi hujan lebat di wilayah Provinsi Aceh, Bali, Lampung, Maluku Utara, dan Sulawesi Barat. Hujan lebat bisa menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Sementara untuk wilayah ibu kota Jakarta, BMKG juga memperkirakan sebagian wilayahnya akan diguyur hujan ringan pada Sabtu siang. Selain itu BMKG juga mengeluarkan peringatan dini mengenai kemungkinan hujan yang disertai petir dan angin kencang.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada siang dan sore hari," demikian peringatan yang dilansir dari laman BMKG.

Adapun rincian lengkap prakiraan cuaca Ibu Kota hari ini yakni pada Sabtu siang hujan ringan diperkirakan akan mengguyur Jakarta Barat dan Jakarta Pusat.

Sedangkan Jakarta Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan akan diterpa hujan yang disertai petir. Sedangkan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diprediksi cerah berawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cerah di Malam Hari

Sedangkan pada Sabtu malam hingga Sabtu dini hari, seluruh wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu diperkirakan akan diselimuti langit cerah berawan.

Adapun suhu udara rata-rata Ibu Kota sepanjang Sabtu diperkirakan berada di kisaran normal antara 25 hingga 32 derajat Celsius.

Dengan tingkat kelembapan udara pada sepanjang Sabtu relatif berfluktuasi di kisaran 70 persen hingga 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.