Sukses

Infografis Jurus NASA Cegat Asteroid Berpotensi Tabrak Bumi

DART atau Tes Pengalihan Asteroid Ganda bertujuan menguji metode pertahanan Bumi terhadap objek terdekat di luar angkasa seperti asteroid. Pesawat ruang angkasa yang akan dijadikan penghantam asteroid.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA memulai misi penyelamatan Bumi dari ancaman asteroid. Misi ini mengujicobakan Double Asteroid Redirection Test atau DART.

DART atau Tes Pengalihan Asteroid Ganda ini bertujuan menguji metode pertahanan Bumi terhadap objek terdekat di luar angkasa seperti asteroid. Pesawat ruang angkasa yang akan dijadikan penghantam asteroid berbahaya.

Dengan mengusung misi tersebut, roket SpaceX Falcon 9 yang membawa pesawat ruang angkasa DART pun diluncurkan dari Vandenberg Space Force Base di California, Amerika Serikat. Peluncuran berlangsung pada Rabu 24 November 2021 pukul 06.20 GMT.

Seperti apa misi penyelamatan Bumi dari hantaman asteroid? Simak dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Cegat Asteroid

3 dari 4 halaman

Misi Selamatkan Bumi

4 dari 4 halaman

Asteroid-Asteroid Pengancam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.