Sukses

Densus 88 Antiteror Tangkap 24 Terduga Teroris dari Organisasi Pendanaan JI

Tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap 24 terduga teroris yang masuk dalam struktur pendanaan kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI).

Liputan6.com, Jakarta - Tim Densus 88 Antiteror Polri total menangkap 24 terduga teroris yang masuk dalam struktur pendanaan kelompok Jamaah Islamiyah (JI). Mereka berasal dari baitul maal dan yayasan yang sengaja dibentuk dan sempat legal dalam beroperasi.

"14 dari BM ABA (Baitul Maal Abdurrahman bin Auf), 10 dari SO (Syam Organizer)," tutur Kabag Banops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (25/11/2021).

Menurut Aswin, pihaknya juga sudah mendapatkan sejumlah nama berikut peran dari target operasi selanjutnya. Tentunya pengusutan akan terus berlanjut sampai keseluruhannya terungkap.

"Kita sudah mendapatkan lagi nama-nama atau pun peran-peran dari yang selanjutnya dan bagaimana kita menyusun puzzle teka teki ini sebagai life blood organisasi teror," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Serukan Penyaluran Bantuan dengan Tepat

Aswin mengatakan, pihaknya akan menggandeng berbagai pihak terkait, termasuk lembaga keagamaan dalam rangka menyerukan sasaran yang tepat untuk menyalurkan bantuan dana. Baik itu sumbangan hingga dukungan materi lainnya kepada pihak yang absah.

"Jadi pendanaan teror ini sebagaimana yang saya jelaakan memang merupakn persoalan yang rumit. Kita juga melakukan investigasi yang maraton, bukan berhari-hari, berbulan-bulan, tapi bertahun-tahun. Semakin legal semakin sulit kita masuk membuktikannya. Semakin dia meraih simpati masyarakat semakin sulit Densus 88 melakukan penegakan hukum," Aswin menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.