Sukses

Hari Guru, PDIP: Guru Harus Mendapat Akses dan Peningkatan Kesejahteraan

PDI Perjuangan mengucapkan selamat Hari Guru kepada para pendidik di seluruh tanah air.

Liputan6.com, Jakarta - PDI Perjuangan mengucapkan selamat Hari Guru kepada para pendidik di seluruh tanah air. Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyatakan guru memiliki peran sentral di dalam meningkatkan peradaban Indonesia.

“Melalui politik pendidikan yang mencerdaskan kehidupan bangsa, para guru memiliki andil terpenting di dalam mendidik putra putri Indonesia agar merdeka dalam alam pikir, dan bergerak menguasai ilmu pengetahuan sebagai syarat penting kemajuan bangsa,” kata Hasto dalam keterangannya, Kamis (25/11/2021).

Menurut Hasto, guru juga punya peran penting di dalam memperkuat narasi keIndonesiaan. “Dunia pendidikan harus menjadi wahana bagi pendidikan budi pekerti, pendidikan yang membangun kesadaran sejarah perjuangan bangsa dan sekaligus menggelorakan semangat nasionalisme yang diperlukan dalam mendorong kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” ujar dia.

Hasto menegaskan profesi guru harus ditempatkan pada posisi strategis dan mendapat jaminan kesejahteraan.

“Guru harus mendapatkan akses yang luas untuk meningkatkan kompetensinya dengan menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seperti S2, S3 dan program post doktoral. Selain itu tunjangan sosial dan juga kesejahteraan para guru harus dikedepankan,” tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mitra Kemajuan Pendidikan

PDI Perjuangan, lanjut Hasto menginstruksikan kepada Tiga Pilar Partai (Struktural, Eksekutif dan Legislatif Partai) untuk benar-benar membantu pendidikan pra sekolah, pendidikan dasar, hingga perguruan tinggi.

“Dengan cara menjadikan guru sebagai mitra bagi kemajuan dunia pendidikan Indonesia,” pungkas Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.