Sukses

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Jelang Nataru, Riza Patria Pastikan Seluruh Rumah Sakit Siaga

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria atau Ariza memastikan seluruh fasilitas kesehatan beserta tenaga kesehatan selalu siaga untuk mengantisipasi potensi lonjakan kasus Covid-19 menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria atau Ariza memastikan seluruh fasilitas kesehatan beserta tenaga kesehatan selalu siaga untuk mengantisipasi potensi lonjakan kasus Covid-19 menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2022.

"Rumah sakit rujukan tidak berkurang ya hanya semua persiapan nakes (tenaga kesehatan), faskes tidak ada yang dikurangi semua standby," kata Ariza di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Menurut Ariza, kendati keterisian tempat tidur pasien Covid-19 saat ini sudah mengalami penurunan, namun ia menjamin sarana itu tak akan dikurangi.

"Rumah sakit rujukan siap ya selama ini sekalipun BOR (Bed Occupancy Ratio) dan ICU turun signifikan semua sarana dan prasarana dukungan tenaga kesehatan semuanya siap, apalagi kita masih di musim hujan tentu lebih lagi persiapannya," ujar dia.

Ariza mengingatkan warganya untuk mewaspadai penyebaran Covid-19 menjelang momentum hari libur Natal dan Tahun Baru 2022. Berkaca pada pengalaman sebelumnya, menurut Ariza setiap ada momentum hari libur panjang akan diikuti lonjakan kasus Covid-19.

"Nah tentu pada libur tahun baru ini atau Nataru ini sekalipun DKI Jakarta sudah mendapatkan (berada pada) PPKM Level 1 dan pelonggaran-pelonggaran bahkan sudah dibuka semakin luas di banyak unit kegiatan, dan pemerintah (pusat) mengambil kebijakan untuk menerapkan PPKM Level 3 untuk seluruh Indonesia bahkan di DKI Jakarta," katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung PPKM Level 3

Dia mengaku menghormati keputusan pemerintah untuk mengambil keputusan yang bertujuan guna menekan potensi timbulnya ledakan kasus Covid-19 itu. Pihaknya berkomitmen akan mendukung rencana tersebut.

"Dan akan mendukung kegiatan PPKM Level 3 nanti di akhir tahun. Mudah-mudahan para unit kegiatan dapat menyesuaikan, sesuai dengan aturan yang ada," kata dia.

Ariza berharap penerapan PPKM Level 3 di seluruh daerah guna menghadapi Nataru ini dapat efektif mencegah potensi timbulnya gelombang ketiga pandemi Covid-19.

Pemerintah pusat telah memutuskan untuk menerapkan PPKM Level 3 terhadap seluruh daerah di Tanah Air pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Keputusan itu diambil guna membendung potensi timbulnya gelombang ketiga pandemi Covid-19.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.