Sukses

Buka Virtual Jobfair, Arief Sampaikan Program Peningkatan Kompetensi Masyarakat di Dunia Kerja

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah membuka agenda rutin bulanan Virtual Jobfair ke-15 tahun 2021.

Liputan6.com, Jakarta Virtual Jobfair rutin yang sudah ke-15 kalinya, kembali digelar Pemerintah Kota Tangerang, melalui Dinas Ketenagakerjaan. Kali ini, ada 1.073 lowongan pekerjaan yang disediakan.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah membuka agenda rutin bulanan Virtual Jobfair ke-15 tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang. Menurutnya, Virtual Jobfair kali ini ditujukan untuk menyediakan info lowongan kerja di wilayah sekitarnya, terlebih mengatasi pengangguran sebagai dampak pandemi Covid-19.

Arief juga menjabarkan, di era revolusi industri 4.0 menjadi sebuah tantangan dan juga kebutuhan dimana peningkatan kompetensi SDM bukan hanya menjadi tanggung jawab institusi pendidikan namun juga sektor industri.

"Sehingga dibutuhkan sinergitas yang baik antara Pemda dan juga sektor swasta agar kompetensi masyarakat bisa meningkat," ungkap Arief, saat membuka kegiatan yang berlangsung secara daring tersebut, Rabu (24/11/2021).

Wali Kota juga menambahkan Pemerintah Kota Tangerang telah melakukan program peningkatan kompetensi masyarakat melalui serangkaian kegiatan pelatihan, baik yang sifatnya kompetensi maupun kewirausahaan.

"Selama tahun 2021, Pemkot telah melakukan pelatihan kompetensi pada 400 orang melalui BLK. Dan pelatihan wirausaha bagi tak kurang dari 660 peserta," jelas Arief.

Sehingga masyarakat bisa memiliki kemampuan dan siap untuk bekerja baik di industri maupun berwiraswasta. Sebab, apapun kebutuhan dunia usaha dan industri terutama yang berada di wilayah Kota Tangerang, sudah terkoneksi dengan BLK dan pelatihan wirausaha.

Kegiatan Virtual Jobfair juga menjadi jembatan bagi para pencari kerja dengan dunia usaha di Kota Tangerang, dimana selama gelaran virtual jobfair telah memberikan pekerjaan kepada 5.126 warga Kota Tangerang.

"Harapannya virtual jobfair bisa diisi oleh masyarakat yang memiliki kompetensi unggul," kata Arief.

Lebih lanjut Wali Kota mengungkapkan kegiatan virtual jobfair juga membawa dampak positif kepada angka penduduk yang bekerja di Kota Tangerang, dimana terdapat kenaikan sebanyak 7.928 orang dibanding data pada tahun 2020 menurut Badan Pusat Statistik (BPS).

"Data pada tahun 2021, penduduk yang bekerja sebanyak 1.038.183, sedangkan pada 2020 sebanyak 1.030.255 orang," katanya.

Sementara di lain pihak, Plt Kadis Ketenagakerjaan, Rakhmansyah mengatakan, untuk hari ini, pelaksanaan Virtual Jobfair menyediakan lebih dari seribu lapangan pekerjaan. Dengan berbagai posisi ataupun jenis pekerjaan.

"Untuk hari ini, Rabu 24 November 2021, Disnaker membuka job fair virtual bulanan dengan menyediakan 1.073 lowongan kerja untuk 68 jabatan dari 15 perusahaan," ujarnya.

Lalu, dari 1.073 lowongan yang dibuka, 102 di antaranya disediakan untuk lulusan sarjana atau tingkat S1. Sebanyak 161 lowongan untuk lulusan D3, dan terbanyak ada 810 lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA /SMK. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.