Sukses

SBY: Terima Kasih Bapak Jokowi-Ma'ruf Amin Atas Bantuan untuk Pengobatan Saya

SBY saat ini masih berada di Amerika Serikat untuk menjalani pemulihan atau recovery usai operasi pengangkatan kanker prostat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin yang telah membantu pengobatan kanker prostat di Amerika Serikat. Adapun SBY menjalani operasi kanker prostat di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat.

"Secara khusus saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas kepedulian perhatian dan bantuannya untuk kelancaran pengobatan saya di Amerika Serikat ini," ujar SBY dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram @aniyudhoyono, Selasa (23/11/2021).

SBY saat ini masih berada di Amerika Serikat untuk menjalani pemulihan atau recovery usai operasi pengangkatan kanker prostat. Dia masih harus melakukan kontrol di Mayo Clinic.

"Saat ini pasca tindakan medis ini, saya melakukan pemulihan atau recovery setelah operasi besar itu yg saya lakukan di Rochester. Hari ini saya juga melakukan kontrol," katanya.

Menurut dia, operasi pengangkatan kanker prostat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan ekspektasinya serta para tim dokter. Dalam kesempatan ini, SBY juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah mendoakan kesembuhannya.

"Semoga selalu mendapat perlindungan dari Allah, kesehatan lahir dan batin dan terbebas dari penyakit kanker yang sama-sama kita cemaskan," ucap SBY.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalani Operasi di Amerika

Sebelumnya, SBY menjalani operasi di Rumah Sakit (RS) Mayo Clinic Amerika, Kamis 11 November 2021. Dia didampingi kedua anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, kedua menantunya, serta tim dokter.

Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scann, kanker prostat yang diderita oleh SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal.Tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan SBY.

"Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan Tim Dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," ujar Staf Pribadi SBY, Ossy Darmawan, dalam keterangannya, Selasa 2 November 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • SBY