Sukses

Cegah Banjir Kalteng Tak Berulang, Kepala BNPN: Harus Ada Target

Kepala BNPB Suharyanto menjelaskan, setelah banjir saat ini bisa diatasi sebagai jangka pendek, maka jangka menengah dan panjang targetnya harus ada.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Suharyanto meminta ada target yang ditetapkan sebagai upaya pencegahan agar banjir di berbagai daerah di wilayah Kalimantan Tengah yang terjadi saat ini tidak kembali terulang. 

"Jangan sampai kejadian ini berulang, maka kita harus memiliki target," katanya dalam rakor penanganan banjir di Palangka Raya, Sabtu (20/11/2021) dilansir Antara.

Suharyanto menjelaskan setelah banjir saat ini bisa diatasi sebagai jangka pendek, maka jangka menengah dan panjang targetnya harus ada.

Pihaknya pun siap mengirim petugas guna melakukan pendampingan untuk menyusun rencana maupun kegiatan agar kejadian banjir seperti saat ini tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Menurut Kepala BNPB, selain dipicu curah hujan tinggi, perlu dicermati faktor-faktor lainnya. Misalnya kondisi daya dukung alam untuk menerima air yang mungkin sudah tidak sama seperti dulu.

"Di tingkat daerah, agar dievaluasi kembali kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan lingkungan yang menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah daerah," pinta Suharyanto. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemda Diminta Prioritaskan Keselamatan Warga

Hal lain yang ia tekankan, pemerintah daerah dan instansi terkait diminta memprioritaskan keselamatan warga terdampak di lapangan.

"Setelah jiwa terselamatkan, kemudian hak-hak dasar harus terpenuhi, misalnya seperti makanan, selimut, serta lainnya," jelas Suharyanto. 

Kepala BNPB meminta agar semua pihak bersinergi dan dilibatkan agar penanggulangan banjir di berbagai daerah di Kalteng bisa optimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.