Sukses

Tak Ada Korban Jiwa saat Banjir Bandang di Garut

Meski tidak ada jorban jiwa, lanjut Abdul, banjir bandang tetap menimbulkan dampak kerusakan seperti longsoran dan memutus akses jalan menuju Kawah Darajat.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari memastikan, tidak ada korban jiwa dalam banjir bandang yang melanda Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Diketahui, bencana tersebut menerjang pada Jumat kemarin, 19 November 2021.

"Laporan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di lapangan tidak ada korban jiwa, (sebab) banjir yang terjadi berlokasi jauh dari pemukiman warga," kata Abdul dalam keterangan tertulis diterima, Sabtu (20/11/2021).

Meski tidak ada jorban jiwa, lanjut Abdul, banjir bandang tetap menimbulkan dampak kerusakan seperti longsoran dan memutus akses jalan menuju Kawah Darajat. Selain itu, lahan pertanian warga juga dilaporkan terendam banjir.

"BPBD Kabupaten bersama tim gabungan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan kaji cepat dan pendataan kemungkinan adanya kerugian lain," jelas Abdul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kewaspadaan

Menurut laporan diterima, Abdul mengatakan saat ini cuaca di lapangan terpantau cerah. Kendati begitu, warga tetap diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan sebagai langkah mitigasi adanya banjir susulan.

"Rencananya hari ini, Sabtu (20/11/2021) BPBD bersama tim gabungan akan melakukan pembersihan material pasca banjir," Abdul menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.