Sukses

PDIP Pajang Foto Hoegeng di Sekolah Partai: Bisa Jadi Inspirasi

PDIP memajang foto Kapolri ke lima RI Hoegeng Imam Santoso di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta PDIP memajang foto Kapolri ke lima RI Hoegeng Imam Santoso di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta.

Disebutnya hal ini bisa menjadi inspirasi para kader partai berlambang banteng bermoncong putih itu.

Adapun ini disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat bersama peserta Pelatihan Kader Nasional (PKN) PDIP saat meresmikan foto tersebut.

"Pak Hoegeng menjadi inspirasi dalam integritas, juga teladan dalam membangun organisasi Kepolisian sebagai pengayom rakyat, kejujuran, integritas, yang cocok diteladani kader partai," kata Hasto Jumat (19/11/2021).

Dia juga menyebut, sosok Hoegeng merupakan tokoh yang dikagumi oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Sosok Hoegeng merupakan sosok yang dikagumi dan sekaligus menjadi sesepuh bagi Ibu Megawati. Pak Hoegeng lah yang menjadi inspektur upacara pada saat pemakaman Bung Karno," kata Hasto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Megawati

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri berharap polisi di Indonesia dapat mencontoh sosok dan keteladanan Kapolri ke-5 Hoegeng Iman Santoso yang merakyat dan penuh dedikasi saat menjalankan tugas.

"Menurut saya, he is the best. Kenapa? He is the real Polri. Orangnya sangat merakyat," sebut Megawati mengenang mendiang Hoegeng saat memberi sambutan pada acara peluncuran buku memperingati 100 tahun Hoegeng Iman Santoso di Jakarta, Minggu (7/11/2021) dilansir Antara.

Sebagai anak kedua Presiden Soekarno, dia mengaku mengenal langsung sosok Hoegeng dan menyaksikan langsung kesederhanaan dan kedekatan Hoegeng dengan rakyat.

Meskipun saat itu Megawati masih menjadi seorang mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Ia menceritakan pengalamannya bertemu Hoegeng, yang saat itu menjabat sebagai kepala Kepolisian Indonesia. Bersepeda dari rumahnya menuju Markas Besar Kepolisian Indonesia di Jalan Trunojoyo, Jakarta.

"Om, mau ke mana? Saya manggilnya Om. Om, masa kapolri naik sepeda. (Hoegeng menjawab): Biar saja, ini sekalian berolahraga," kata Megawati menceritakan sosok Hoegeng yang sederhana.

Tidak hanya itu, Megawati pun berpesan kepada para polisi agar menjadikan sosok Hoegeng sebagai contoh dalam menjalankan tugas.

"Menurut saya, (dari keteladanan) Pak Hoegeng, mereka (polisi) harus punya dedikasi. Kalian disuruh mengatasi terorisme, radikalisme," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.