Sukses

Kemhan Pesan 2 Pesawat Airbus A400M, Prabowo: Aset Nasional dalam Misi Kemanusiaan

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, dua pesawat Airbus A400M akan menjadi aset negara dalam membantu misi kemanusiaan dan tanggap darurat bencana.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pertahanan (Kemhan) memesan dua pesawat Airbus A400M dalam konfigurasi multiperan tanker dan angkut. Dua pesawat berkapasitas angkut besar ini diharapkan bisa meningkatkan kinerja TNI Angkatan Udara (AU).

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan, dua pesawat ini akan menjadi aset negara dalam membantu misi kemanusiaan dan tanggap darurat bencana.

"Pesawat A400M akan menjadi aset nasional yang berperan penting dalam misi kemanusiaan dan tanggap bencana," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (18/11/2021).

Prabowo menjelaskan, pesawat ini mampu beroperasi dari landasan pacu yang pendek dan kasar. A400M merupakan pesawat angkut besar pertama yang dapat mengirimkan kargo berat seperti truk bahan bakar dan ekskavator.

Pesawat ini juga pernah mengirimkan makanan, pakaian, dan perlengkapan medis langsung ke Palu, Sulawesi Tengah yang pada waktu itu landasan pacunya pendek dan rusak.

"Pesawat ini akan memiliki peran penting dalam berbagai misi seperti terjun payung dan transportasi kargo besar. Kami juga sedang mempertimbangkan pembelian A400M tambahan dalam waktu dekat, terutama dengan adanya perkembangan A400M di masa depan seperti kemampuan pemadam kebakaran yang sedang kami jajaki bersama Airbus," kata Prabowo.

Kontrak pemesanan akan berjalan efektif di tahun 2022. Kesepakatan ini termasuk paket dukungan lengkap untuk perawatan dan pelatihan. Letter of Intent juga telah ditandatangani untuk pembelian empat pesawat Airbus A400M tambahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemampuan Pesawat A400M

Chief Executive Officer Airbus Defence and Space Michael Schoellhorn berharap pesawat ini bisa membantu Indonesia khususnya kinerja TNI AU.

"Pesawat yang sempurna bagi TNI AU untuk mengirimkan kargo besar dan berat ke daerah terpencil dan melipatgandakan jangkauan kekuatan udara Indonesia berkat kemampuan pengisian bahan bakar di udara yang dapat diandalkan," kata dia.

Dalam keterangan yang disampaikan, pesawat A400M dapat mengangkut beban berat dan besar lintas jarak strategis, mengirimkan kargo ke lokasi taktis, sembari menawarkan kemampuan pengisian bahan bakar di udara.

Pesawat ini mampu terbang tinggi dan rendah pada kecepatan yang luar biasa. Pesawat A400M adalah pesawat yang ideal untuk pengisian bahan bakar pesawat tempur dan pesawat besar lainnya dengan menggunakan dua pod pengisian bahan bakar di bawahsayapnya.

Kemampuan pengisian bahan bakar di udara yang tertanam di pesawat ini memungkinkan rekonfigurasi cepat A400M sebagai pesawat tanker, membuatnya mudah beradaptasi dengan skenario dan misi operasional yang dinamis. Kemampuan adaptasi ini hanya ada di pesawat A400M, yang bahan bakarnya sendiri juga dapat diisi ulang di udara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.