Sukses

Milad Muhammadiyah, Menag Yaqut: Tebar Keteladanan ke Semua Umat

Menag Yaqut Cholil Qoumas menilai, keteladanan Muhammadiyah tidak hanya kepada umat Islam tapi juga masyarakat umum tentang pentingnya bakti dan kepedulian terhadap sesama.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan selamat Milad ke-109 kepada Muhammadiyah. Dia mengapresiasi kiprah Muhammadiyah sejak berdiri pada 18 November 1912.

Menurut Yaqut Cholil Qoumas, sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah telah memberikan contoh dan teladan.

"Selamat Milad ke-109 Muhammadiyah," ujar Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (18/11/2021).

Yaqut menilai, keteladanan Muhammadiyah tidak hanya kepada umat Islam tapi juga masyarakat umum tentang pentingnya bakti dan kepedulian terhadap sesama.

"Melalui semangat Al-Ma'un, semangat memangkas kesenjangan antara si kaya dan si miskin, yang diajarkan KH Ahmad Dahlan, Muhammadiyah terus menebar bakti dan peduli, bahkan di tengah pandemi," jelas Yaqut.

Dia mengatakan, di tengah pandemi Covid-19, kepedulian menjadi kata kunci agar bangsa Indonesia dapat bertahan dan terus menjaga kesejahteraan umat. Muhammadiyah terus berkhidmat menebar manfaat, dan bersama-sama membangun optimisme umat.

"Sekali lagi, saya ucapkan selamat Milad ke-109. Terus tebar bakti, terima kasih Muhammadiyah," tandas Menag.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi: Di Usia ke-109, Muhammadiyah Telah Berjuang dan Memajukan Indonesia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat milad ke-109 kepada Persyarikatan Muhammadiyah. Di usia yang lebih dari satu abad ini, kata dia, Muhammadiyah telah bersinergi membangun kekuatan dan berjuang memajukan Indonesia.

"Di usia yang ke-109 perserikatan Muhammadiyah telah mewarnai perjalanan bangsa, bersinergi, membangun kekuatan, berjuang, merawat, dan memajukan Indonesia," kata Jokowi saat menyampaikan pidato di Milad ke-109 Muhammadiyah dari Istana Negara Jakarta, Kamis (18/11/2021).

Dia menyampaikan sejarah telah mencatat bahwa Persyarikatan Muhammadiyah tiada henti menebarkan nilai-nilai utama untuk memperkokoh umat muslim yang berkemajuan. Jokowi menyebut nilai utama ini menjadi pondasi moderasi beragama.

"Nilai utama Islam berkemajuan dan Islam wasathiyah telah menjadi pondasi moderasi beragama untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara muslim terbesar yang aman dan demokratis," jelasnya.

Disisi lain, Jokowi menyampaikan apresiasi atas kontribusi dan konsistensi Muhammadiyah yang membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19. Menurut dia, Muhammadiyah selalu bergerak cepat membantu sejak awal pandemi virus corona.

"Sejak awal pandemi Muhammadiyah bergerak cepat, mengerahkan seluruh potensi amal usahanya secara terorganisir, melakukan kerja-kerja kemanusiaan dengan tulus dan ikhlas," ujar Jokowi.

Sebagai informasi, Muhammadiyah merupakan organisasi yang bersumber pada Al-quran dan Sunnah. Organisasi ini didirikan oleh KH. A. Dahlan pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 Hijriyah yang bertepatan dengan tanggal 18 November 1912 Miladiyah di Kota Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.