Sukses

Sosok Nicolaas Budhiparama Dokter Spesialis Ortopedi Peraih Penghargaan Habibie Prize 2021

Nicolaas C Budhiparama merupakan dokter spesialis bedah ortopedi dan traumatologi yang menerima penghargaan Habibie Prize 2021. Yuk kenalan.

Liputan6.com, Jakarta Nicolaas C Budhiparama merupakan dokter spesialis bedah ortopedi dan traumatologi yang menerima penghargaan Habibie Prize 2021. Dia merupakan dokter yang terjun dalam bidang kedokteran sama tiga dekade.

Lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Nicolaas Budhiparama melanjutkan sekolah spesialis ortopedi di Universitas Leiden Medical School Belanda dan menjadi lulusan termuda pada 1993.

Nicolaas kemudian mendapatkan fellowship ortopedi di sejumlah rumah sakit terkemuka, seperti Lenox Hill Hospital, New York, Amerika Serikat hingga di New England Baptist Hospital, Boston, Amerika Serikat.

Lalu, mengapa Nicolaas memilih bedah ortopedi sebagai spesialisasinya?

Dia mengaku punya beberapa alasan. Salah satunya, terkait pengalamannya saat mengalami kecelakaan.

Pada waktu itu, dia menjadi pembalap Formula 3000 di Eropa. Namun, saat pertandingan di Jerman, dia mengalami kecelakaan.

Sementara, dunia kedokteran belum sebaik sekarang. Ketakutan akan cacat usai kecelakaan, mulai menghantuinya.

"Saya bilang sama ibu saya kalau saya sembuh akan bikin sesuatu yang bisa bantu banyak orang kembali bisa berjalan, iya itu ortopedi," kata Nicolaas di YouTube BRIN Indonesia, Rabu (17/11/2021).

Selain itu, dia menjadi dokter lantaran pesan dari sang ayah.

Menurut sang ayah, pekerjaan yang paling mulia adalah kedokteran. "Karena banyak membantu orang kesusahan atau kesulitan atau dalam keadaan sakit," jelas Nicolaas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harumkan Nama Bangsa

Ketekunan dan prestasinya, membuat Nicolaas seringkali mengharumkan nama Indonesia sebagai moderator di berbagai pertemuan ortopedi di dunia internasional. Dia juga mendedikasikan dirinya ke organisasi dunia.

Nicolaas juga sempat dianugerahi dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dalam bidang Kesehatan dan Olahraga atas Rekor Insan Indonesia yang Menjabat Presiden di Tiga Organisasi Ortopedi Dunia dalam kurun waktu bersamaan.

Dikutip dari situs muri.org, dia menjabat tiga organisasi dunia, di antaranya sebagai President ASIA (Arthroplasty Society in Asia) pada 2019-2021, President APKS (Asia Pasific Knee Society) pada 2019–2021, dan President APAS (Asia Pacific Arthroplasty Society) 2020–2022.

Selain itu, dia mendirikan Nicolaas Institute of Constructive Orthopaedic Research & Education Foundation for Arthroplasty & Sports Medicine.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.