Sukses

Gerhana Bulan Sebagian Terlama Abad Ini Terjadi 19 November 2021, Ini Sederet Faktanya

Fenomena langit Gerhana Bulan Sebagian akan terjadi pada pekan ini. Simak penjelasan LAPAN serta daftar wilayahnya.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia akan mengalami fenomena langit spesial pada Jumat 19 November 2021, yakni Gerhana Bulan Sebagian. Kenapa spesial?

Sebab, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengungkap, gerhana bulan 19 November bakal menjadi gerhana bulan sebagian terlama pada abad ini.

Lapan dalam unggahan di laman Instagramnya @lapan_ri, Selasa 16 November 2021 menyatakan fenomena kali ini akan berlangsung lebih lama dikarenakan bulan berada di tengah-tengah umbra sehingga durasi gerhananya akan menjadi lebih lama.

Kali ini, permukaan bulan akan tertutupi oleh umbra Bumi sebesar 97,85%. sehingga durasi gerhana akan mencapai 3 jam 28 menit dan merupakan fenomena terlama di Tanah Air.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenapa Jadi Gerhana Bulan Sebagian Paling Lama?

Sebelumnya Gerhana Bulan Sebagian terlama juga pernah terjadi di Indonesia pada 15 September 1932 dengan durasi 3 jam 24 menit, dan 12 Mei 1892 dengan durasi 3 jam 26 menit.

Puncak Gerhana Bulan sebagian pada 19 November mendatang akan terjadi pada pukul 16.02.56 WIB/17.02.56 Wita/18.02.56 WIT.

Dilansir dari akun Instagram Lapan, gerhana bulan sebagian merupakan kondisi di mana sebagian permukaan Bulan tertutupi bayangan atau umbra Bumi.

Semakin Bulan menuju ke tengah atau pusat bayangan pada saat puncak Gerhana, maka durasi gerhana akan semakin lama.

3 dari 4 halaman

Daftar Wilayah

Daftar wilayah Indonesia yang bisa melihat gerhana bulan sebagian antara lain Papua, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Bali, sebagian besar Jawa bagian timur, dan sebagian Bangka Belitung bagian timur.

Pada fase penumbra dari sejak bulan terbit hingga gerhana sebagian berakhir, meliputi Jawa dan Sumatra.

"Sayangnya di Indonesia hanya daerah Papua saja yang durasi gerhananya paling lama, yaitu 2 jam 20 menit sejak Bulan terbit. Sementara bagian Barat Indonesia tidak dapat mengamati puncak Gerhana Bulan Sebagian."

Penulis: Azarine Natazia

4 dari 4 halaman

Infografis Tata Cara Salat Gerhana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini