Sukses

Tangki Kilang Pertamina Terbakar, Bupati Cilacap Minta Warga Tak Panik

Tangki pada Kilang Pertamina yang berada di Cilacap, Jawa Tengah terbakar, Sabtu (13/11/2021) malam. Insiden kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 19.20 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Tangki pada Kilang Pertamina yang berada di Cilacap, Jawa Tengah terbakar, Sabtu (13/11/2021) malam. Insiden kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 19.20 WIB.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji meminta warga yang ada di sekitar lokasi kebakaran untuk tetap waspada, namun tidak panik. Pemerintah daerah siap mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman.

"Imbauan warga yang dekat dengan lokasi untuk tetap waspada dan tidak panik. Jangan sampai meninggalkan rumah tanpa lapor RT/RW," ujar Tatto seperti dikutip dari Metro TV, Sabtu malam. 

Pemkab Cilacap juga telah menyiapkan tempat pengungsian untuk warga yang dievakuasi. "Tempat-tempat sudah kita siapkan, karena kejadian ini kan bukan hanya sekali. Sudah banyak tempat yang sudah siap," katanya.

Namun begitu, belum ada penambahan jumlah warga yang dievakuasi. Sementara ini, PT Pertamina telah mengungsikan sekitar 80 warga yang tinggal di tempat terdekat dari titik api.

"Belum ada tambahan, (warga) masih tenang. Tapi nanti kalau perlu dievakuasi, kami evakuasi," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Petir Sebelum Tangki Terbakar

Kebakaran terjadi di Kilang Pertamina Cilacap. Diperkirakan kejadian sekitar pukul 19.30 WIB dan penyebab kebakaran belum diketahui.

Namun, seorang saksi mata bernama Eko Gumilar mengatakan, dirinya melihat petir sebelum kilang pertamina Cilacap pertamina terbakar. 

"Petir pertama menyambar, terdengar ledakan. Lalu saya keluar dan melihat kebakaran," kata Eko seperti dikutip dari MetroTV, Sabtu (13/11/2021).

Eko mengatakan, saat kebakaran hujan mengguyur wilayah kilang minyak pertamina tersebut.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya mengatakan, hanya satu kilang minyak yang terbakar.

Saat ini tim pemadam kebakaran Kilang Pertamina Cilacap tengah berupaya maksimal untuk melakukan pemadaman di area tanki yang mengalami kebakaran

"Paralel Pertamina saat ini juga tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman," jelasnya.

"Kami akan segera update progres upaya pemadaman yang berlangsung," tutup dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.