Cara Tepat Atur Pengeluaran Keluarga

Oleh stella maris pada 19 Nov 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 19 Nov 2021, 12:09 WIB
Ilustrasi menyisihkan uang
Perbesar
Ilustrasi menyisihkan uang/Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta Setiap pasangan yang berkeluarga pasti memiliki cara tersendiri untuk mengatur keuangannya. Tujuan pengelolaan keuangan, tentunya agar setiap rencana dalam hidup berkeluarga, dapat tercapai sesuai harapan. 

Selain itu, pengelolaan atau manajemen keuangan juga menjadi penting, untuk mencegah adanya pengeluaran yang tak terkontrol di setiap bulannya. Nah, agar pengeluaran keluarga tetap terkontrol, kamu perlu mempertimbangan beberapa hal berikut ini: 

1. Transparan tentang Kondisi Keuangan 

Di setiap keluarga, pasti ada salah satu orang yang bertugas untuk mengatur pengeluaran, entah itu suami atau istri. Bagi setiap individu yang mengatur keuangan, perlu mencatatkan dengan rinci pengeluaran apa saja yang dibutuhkan setiap bulan. 

Biar lebih terkontrol dan tertata rapi, ada baiknya pola pengaturannya menggunakan satu rekening saja dan jangan disatukan dengan rekening pribadi. Dengan begitu, arus pendapatan dan pengeluaran dapat lebih jelas terekam. Ya, bentuk transparansi inilah yang nantinya akan menentukan kondisi keuangan di kemudian hari. 

2. Sisihkan Dana Darurat 

Salah satu pondasi keuangan yang baik adalah memiliki dana darurat. Ini adalah dana yang digunakan untuk kebutuhan tak terduga. Ada baiknya, setiap orang yang berkeluarga, penghasilannya disisihkan sekitar 30% dari pendapatan, untuk ditabung sebagai bentuk dana darurat. 

3. Buat Pos Anggaran

Pengelolaan keuangan rumah tangga dapat disebut on the track, jika memiliki pos anggaran yang tercatat. Misalnya, cicilan apa saja yang harus segera dilunasi, sisihkan juga sejumlah uang untuk uang sekolah anak. 

Menyoal dana liburan, jika memang diperlukan, perlu juga dibuat pos anggarannya. Selain itu, jangan lupa anggarkan dana operasional yang dibutuhkan setiap bulannya. Dana operasional ini, seperti biaya listrik, abodemen provider, hingga biaya internet. 

Nah, biar pengeluaran tetap terkontrol setiap bulannya, salah satu yang harus dipertimbangkan terkait kebutuhan internet yang menjadi pendukung dalam bekerja (WFH), kegiatan belajar anak-anak (SFH), hingga kebutuhan untuk mengakses hiburan dari rumah. 

Agar lebih hemat biayanya, mulai sekarang gunakan paket internet keluarga dari XL, yaitu Paket Akrab. Ini adalah paket internet yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan internet keluarga cukup dengan satu paket saja. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Paket Akrab XL
Perbesar
Paket Akrab, Solusi Tepat untuk Internetan Sekeluarga.

aket Akrab memiliki kuota besar bisa dipakai bersama hingga 160GB yang mempunyai unlimited kuota aplikasi dan bisa dipakai barengan sekeluarga. Ada banyak aplikasi yang bisa diakses secara gratis. 

Mulai dari Google Meet untuk mendukung kebutuhan meeting virtual kantor, WhatsApp, Google Maps, dan Microsoft Teams. Untuk kebutuhan SFH, kuota bersama dari XL bisa menggunakan aplikasi zoom yang juga gratis.

Selain itu, kuota dan koneksi internet Paket Akrab bisa diakses di berbagai device yang menggunakan SIM Card XL. Jadi kamu nggak perlu repot-repot lagi isi kuota di berbagai gadget kamu yang berbeda.

Menariknya, Paket Akrab yang bisa digunakan keluarga dan kerabat ini dapat diaktifkan mulai dari harga Rp50 ribuan. Cara aktivasinya pun gampang kok, yaitu sebagai berikut: 

  1. Buka Aplikasi myXL
  2. Pilih Beli Paket
  3. Pilih menu Paket Utama
  4. Pilih paket Akrab
  5. Pilih varian paket Akrab
  6. Tekan tombol Pilih/Aktifkan untuk melanjutkan aktivasi paket
  7. Pilih metode pembayaran, tekan tombol Aktifkan
  8. Paket Akrab berhasil diaktifkan

Jadi tunggu apalagi? Yuk aktivasi Paket Akrab sekarang! Untuk informasi lebih lanjut, langsung aja buka www.xl.co.id/akrab atau buka Instagram @myxl. Untuk aktivasi Paket Akrab, kamu bisa aktifkan di aplikasi myXL dengan mudah dan hemat. 

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya