Sukses

Hari Pahlawan, Jokowi Anugerahkan Bintang Jasa ke 300 Nakes yang Gugur Tangani Covid-19

Penganugerahan bintang jasa ke 300 nakes diwakilkan kepada 3 penerima serta diterimakan oleh para ahli waris penerima.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menganugerahkan tanda kehormatan bintang jasa kepada 300 tenaga kesehatan (nakes) yang gugur dalam penanganan Covid-19. Pemberian tanda kehormatan dilakukan di Istana Negara Jakarta, bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, Rabu (10/11/2021).

Berdasarkan pantauan di Youtube Sekretariat Presiden, penganugerahan bintang jasa ke 300 nakes diwakilkan kepada 3 penerima serta diterimakan oleh para ahli waris penerima.

Penganugerahan tanda kehormatan bintang jasa berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 110/TK tahun 2021 yang ditetapkan pada 25 Oktober 2021.

Total ada 223 tenaga kesehatan yang diberikan tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama yang diwakilkan oleh Almarhum dr. I Ketut Surya Negara (Dokter RSUP Sanglah Denpasar, Provinsi Bali) dan Almarhumah Sucilia Indah (Perawat pada RSUP Dokter Sitanala Tangerang, Provinsi Banten). Bintang jasa diberikan kepada para ahli waris.

Sementara itu, 77 tenaga kesehatan lainnya menerima Bintang Jasa Nararya yang diwakilkan oleh Almarhumah Emialiona Lasia Carolin. Dia merupakan Bidan pada Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan Provinsi DKI Jakarta.

Adapun penganugerahan tanda kehormatan bintang jasa diberikan kepada seseorang yang dinilai berjasa bagi bangsa dan negara. Hal ini sesuai dengan UU Nomor 20 tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

"Pasal 28 Ayat (3) huruf a tentang syarat khusus untuk memperoleh Tanda Kehormatan Bintang Jasa yaitu berjasa besar di suatu bidang atau peristiwa tertentu yang bermanfaat bagi keselamatan, kesejahteraan, dan kebesaran bangsa dan negara," jelas Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono dikutip dari siaran pers, Rabu (10/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar 4 Tokoh Pahlawan

Sebelumnya, Jokowi juga memberikan gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya. Upacara penganugerahan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Empat tokoh tersebut antara lain, Tombolatutu dari Sulawesi Tengah, Sultan Aji Muhammad Idris dari Kalimantan Timur. Kemudian, Sutradara Film Aji Usmar Ismail dari DKI Jakarta, dan Raden Aria Wangsakara dari Banten.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.