Sukses

Hari Pahlawan, Jokowi-Ma'ruf Amin Tabur Bunga di Makam Habibie, Taufiq Kiemas, Habibie hingga Ani Yudhoyono

Jokowi dan Ma'ruf Amin melalukan tabur bunga di sembilan makam pahlawan yang ada di TMP Kalibata. Salah satunya, makam Presiden ketiga RI BJ. Habibie serta istrinya, Ainun Habibie.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi melakukan tabur bunga di makam sejumlah pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta Selatan, Rabu (10/11/2021). Tabur bunga dilakukan usai Jokowi memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional.

Berdasarkan pantauan, Jokowi melalukan prosesi tabur bunga didampingi Wapres Ma'ruf Amin. Jokowi dan Ma'ruf tampak memanjatkan doa untuk arwah para pahlawan yang berjasa bagi bangsa dan negara.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan Jokowi dan Ma'ruf Amin melalukan tabur bunga di sembilan makam pahlawan yang ada di TMP Kalibata. Salah satunya, makam Presiden ketiga RI BJ. Habibie serta istrinya, Ainun Habibie.

Kemudian, Jokowi-Ma'ruf Amin juga menabur bunga di makam Ketua MPR RI periode 2009-2014, Taufiq Kiemas. Selain itu, makam istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, makam mantan Wakil Presiden keempat RI Umar Wirahadikusuma, makam Wapres kelima RI Soedarmono, hingga makam Wapres ketiga RI Adam Malik.

"1 makam pahlawan revolusi dan 1 (lagi) makam pahlawan pangkat terendah dan pahlawan tidak dikenal," ujar Heru kepada Liputan6.com, Rabu.

Sejumlah pejabat negara tampak hadir dan ikut melakukan tabur bunga. Mereka antara lain, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua DPD La Nyalla Mattaliti, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto serta Jaksa Agung ST Burhanuddin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Pahlawan untuk 4 Tokoh Daerah

Setelah memimpin upacara dan melakukan prosesi tabur bunga, Jokowi akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada empat tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya.

Pemberian gelar pahlawan ini akan digelar di Istana Negara Jakarta.

Berikut empat tokoh yang akan dianugerahi gelar pahlawan nasional tahun 2021:

1. Tombolatutu dari Sulawesi Tengah

2. Sultan Aji Muhammad Idris dari Kalimantan Timur

3. Sutradara Film Aji Usmar Ismail dari DKI Jakarta

4. Raden Ayra Wangsakara dari Banten

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.