Sukses

Menhan Prabowo Subianto Ungkap Makna di Balik Tugu Api

Prabowo Subianto mengungkap makna dibalik Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengungkap makna dibalik Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam.

Tugu ini berada di pelataran patung Sukarno Menunggang Kuda yang di Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta Pusat.

Hal ini disampaikan Prabowo saat mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam di Kementerian Pertahanan, Selasa (9/10/2021).

"Api tidak pernah padam sebagai simbol dari semangat, harapan, keberanian dan gairah Bangsa Indonesia untuk senantiasa mencintai tanah air, rela berkorban demi tegaknya kedaulatan NKRI," kata Prabowo dikutip dari siaran pers, Selasa.

"Serta semangat untuk terus membangun bangsa dan negara, demi terwujudnya Indonesia yang berdaulat, adil dan makmur berdasarkan Pancasila serta Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945," sambungnya.

Sementara itu, Jokowi mengatakan bahwa keberadaan tugu ini akan menambah pengingat kepada seluruh bangsa Indonesia untuk terus menyalakan semangat. Mulai dari, semangat untuk menjaga Pancasila, semangat menjaga persatuan, kesatuan, dan kerukunan nasional, serta semangat untuk terus berinovasi memajukan negeri.

Menurut dia, sebagai bangsa yang besar dengan sejarah besar, semangat perjuangan rakyat Indonesia tidak pernah padam dan selalu menyala. Semangat tersebut adalah kunci bagi Indonesia untuk banyak berbuat bagi kepentingan dunia.

"Bung Karno pernah menyatakan warisi apinya, jangan warisi abunya, warisi semangat yang menyala-nyala, semangat untuk memperjuangkan kemerdekaan, semangat untuk mengisi kemerdekaan dan semangat untuk membangun Indonesia maju," tutur Jokowi.

Dia juga menyebut keberadaan Tugu Api ini merupakan salah satu pengingat kobaran semangat masyarakat Indonesia. Semangat untuk melanjutkan perjuangan para founding fathers dalam membangun Indonesia maju yang kita cita-citakan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rangkaian Acara

Acara peresmian ini dirangkai dengan penekanan tombol dan peletakkan karangan bunga di depan patung Bung Karno. Setelah peresmian ini, Tugu Api Semangat Indonesia Merdeka Tidak Pernah Padam ini akan terus menyala sepanjang hari.

Dalam kesempatan ini, hadir Presiden ke-5 RI sekaligus putri Bung Karno, Megawati Soekarnoputri, yang hadir secara virtual, putra Bung Karno Guntur Soekarnoputra dan Guruh Soekarnoputra, para pimpinan lembaga negara antara lain Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin, dan Ketua Komisi Yudisial Mukti Fajar Nur Dewata.

Selain itu, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.