Sukses

Wagub DKI Jakarta Klaim Tak Banyak Wilayah Banjir yang Surutnya Lebih dari 6 Jam

Wagub DKI Jakarta menegaskan jajarannya terus berupaya mengupayakan target surut setelah enam jam.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan bahwa sebagian wilayah Ibu Kota yang terendam banjir masih dapat ditangani kurang dari enam jam. Namun kata dia, untuk wilayah yang terendam lebih dari enam jam tak banyak.

"Sejauh ini secara umum, (target) itu bisa dipenuhi sebelum 6 jam. Kalau ada yang lebih itu dicek. Tidak banyak, di daerah yang memang sangat rendah dan intensitas hujannya tinggi lebih dari 100mm/hari," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (8/11/2021).

Dia melanjutkan, jajarannya terus berupaya mengupayakan target surut setelah enam jam yang telah ditetapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sejak tahun lalu.

"Sudah disampaikan berkali-kali seluruh jajaran harus memastikan kalau ada hujan, sebelum 6 jam sudah harus surut. Jadi seluruh jajaran bekerja keras ya, tidak hanya pompa tapi tangki-tangki air taman juga kita gunakan untuk membantu pompa-pompa air," paparnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 RT Masiih Terendam

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Mohamad Insaf menyatakan sebanyak 6 RT masih terendam banjir hingga Senin (8/11/2021), pukul 15.00 WIB.

Jumlah tersebut telah berkurang jika dibandingkan pada data pada pukul 06.00 WIB yang mencapai 91 RT. Kata dia, banjir tersebut tersebar di dua wilayah yaitu Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

"Jumlah pengungsi terdata sebanyak 15 kepala keluarga (KK) dengan jumlah 65 jiwa," kata Insaf dalam keterangan tertulis, Senin (8/11/2021).

Insaf menambahkan, pengungsi tersebut merupakan warga dari Kampung Melayu, Jakarta Timur. Puluhan warga tersebut mengungsi di aula Kantor Kelurahan Kampung Melayu dan Aula Masjid Ittihadul Ikhwan RW 008.

Berikut titik RT terendam banjir di DKI Jakarta pada Senin (8/11/2021) hingga pukul 15.00 WIB:

1. Jakarta Timur terdapat 3 RT

- Kelurahan Kampung Melayu

Ketinggian : 50 cm dengan jumlah 3 RT

Penyebab : Luapan Kali Ciliwung

2. Jakarta Barat terdapat 3 RT terdiri- Kelurahan Rawa Buaya

Ketinggian : 60 cm dengan jumlah 3 RT

Penyebab : Luapan Kali Angke

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.