Sukses

Banjir Hampir Setinggi 1 Meter Merendam Puluhan Rumah di Ulujami Jaksel

Di RW 01, air banjir merendam rumah warga sejak Minggu sore.

Liputan6.com, Jakarta - Luapan Kali Pesanggrahan merendam puluhan rumah di Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Minggu (7/11/2021). Ketinggian banjir hampir mencapai 1 meter.

Seperti yang dialami warga di RW 01, dimana air banjir merendam rumahnya sejak Minggu sore.

"Wah air masuk sejak sore, lama-lama makin naik, semakin tinggi airnya. Sekarang di depan rumah sudah setinggi paha orang dewasa,"ungkap Dewi, salah seorang warga yang rumahnya kebanjiran.

Dia mengaku tak bisa berbuat apa-apa bilamana banjir masuk ke rumahnya. Hanya bisa menyelamatkan kendaraan seperti motor diungsikan ke tempat yang lebih tinggi, sementara perabotan rumah dipindahkan ke lantai dua.

Terlebih di rumah itu, Dewi bukan hanya tinggal bersama ketiga anak dan suami saja. Melainkan dengan ibunya yang sudah lansia, sehingga dia sangat khawatir bila banjir tiba-tiba datang tapi dia tengah bekerja di luar.

"Ini karena luapan Kali Pesanggrahan, jadi kalau sudah musim hujan gini, was-was. Kami warga pasti kebanjiran,"katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Kali Kebanjiran

Bukan hari ini saja, Dewi mengaku rumahnya dalam sepekan ini sudah tiga kali kebanjiran akibat luapan Kali Pesanggrahan.

"Ini sudah ketiga kalinya banjir begini dalam seminggu, kemarin-kemarin hanya 30 cm ketinggian airnya," katanya.

Dia pun berharap adanya perhatian dari pemerintah setempat, terutama soal pembenahan atau normalisasi Kali Pesanggrahan.

"Maunya dikeruk, biar enggak dangkal. Jadi aliran kalinya lancar, enggak meluap terus kalau hujan begini. Tolong lah diperhatikan lagi," katanya. (Pramita Tristiawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.