Sukses

Jalan RE Martadinata Jakarta Digenangi Banjir Rob, Wagub: Mohon Bersabar

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pemprov terus berupaya mengendalikan banjir rob yang sudah menggenangi Jalan RE Martadinata Ancol Jakarta Pusat, sejak Kamis 4 November 2021.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pemerintah provinsi (pemprov) terus berupaya mengendalikan banjir rob yang sudah menggenangi Jalan RE Martadinata Ancol Jakarta Pusat, sejak Kamis 4 November 2021. Dia pun meminta masyarakat untuk bersabar.

"Jadi memang perlu waktu sekali lagi mohon bersabar, semua prinsipnya kami pemerintah daerah didukung oleh pemerintah pusat berupaya sebaik mungkin untuk dapat mencegah, mengendalikan banjir," jelas Riza kepada wartawan, Jakarta, Minggu (7/11/2021).

Menurut dia, ada beberapa titik di kawasan RE Martadinata yang titiknya cukup rendah sehingga membutuhkan waktu untuk memindahkan air melalui pompa. Namun, Riza memastikan semua pompa telah dikerahkan untuk mengatasi banjir.

"Perlu waktu untuk memindahkan air melalui pompa menggunakan alat yang ada. Semua pompa kami kerahkan karena intensitas hujan yang tinggi," kata Riza.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Pencegahan

Riza menyampaikan Pemprov DKI telah bekerja sama dengan sejumlah instansi untuk melakukan penanganan dan pengendalian intensitas hujan yang dapat mengakibatkan banjir.

Pemprov DKI juga terus melakukan pembangunan waduk, situ, embung, normalisasi, hingga pengerukan untuk mencegah banjir di ibu kota.

"Seperti kita ketahui, di Jakarta ini di bagian Utara apa lagi di musim hujan ini ada potensi banjir rob, tapi Alhamdulillah genangan air yang ada dalam beberapa jam bisa surut kembali," ujarnya.

"Tentu ini semua berkat kerja sama semua pihak. Selain jajaran dari aparat Pemprov DKI, kami juga dibantu ormas, masyarakat, dan penggiat lingkungan, dan instansi lain yang bekerja sama selama ini," sambung Riza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.