Sukses

4 Langkah Komisi I DPR Usai Setujui Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Jenderal TNI Andika Perkasa telah menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan pada Sabtu 6 November 2021 bersama Komisi I DPR RI.

Liputan6.com, Jakarta - Jenderal TNI Andika Perkasa telah menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan pada Sabtu 6 November 2021 bersama Komisi I DPR RI.

Tes tersebut dilakukan Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI yang nantinya akan menggantikan Maresekal Hadi Tjahjanto.

Komisi I DPR RI pun menyetujui Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI usai mendengarkan pemaparan dan tanya jawab.

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI," tutur Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid di Gedung DPR RI, Jakarta, Sabtu 6 November 2021.

Usai disetujui Komisi I DPR, langkah selantunya pada Senin 8 November 2021 akan menggelar Rapat Paripurna DPR RI untuk mensahkan Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI.

Namun sebelum itu, pada hari ini, Minggu (7/11/2021), Komisi I DPR akan mendatangi rumah Jenderal Andika Perkasa.

Berikut 4 langkah usai Komisi I DPR RI usai setujui Jenderal Andika Perkasa jadi calon Panglima TNI dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Komisi I DPR Beri Restu

Komisi I DPR RI menyetujui Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI.

Hal tersebut disampaikan usai uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI di Gedung DPR RI.

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI," tutur Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid di Gedung DPR RI, Jakarta, Sabtu 6 November 2021.

 

3 dari 6 halaman

2. Akan Sambangi Rumah Andika Perkasa

Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Golkar Bobby Adhityo Rizaldi menyatakan, pihaknya akan mendatangi rumah Jenderal Andika Perkasa besok, Minggu 7 November 2021.

Menurut Bobby, kunjungan itu dilakukan untuk melakukan verifikasi faktual dalam rangkaian ujian Andika sebagai calon Panglima TNI.

"Besok ada ke rumah (Pak Andika), cuma perwakilan kita dari fraksi-fraksi," kata Bobby di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Sabtu 6 November 2021.

Bobby menambahkan, perwakilan yang hadir besok ke rumah Andika Perkasa adalah dua orang tiap fraksi. Nantinya, perwakilan hadir dari dari partainya adalah Meutya Hafid dan Lodewijk Paulus.

"Rencananya kunjungan akan dilakukan pukul 16.00 WIB," papar Bobby.

 

4 dari 6 halaman

3. Jadi Tradisi, Pastikan Sesuai dengan Laporan Kekayaan

Bobby mengungkap, kunjungan ke rumah Andika adalah tradisi yang dilakukan Parlemen usai tes uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test.

Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha juga mengatakan hal yang sama beberapa waktu lalu.

"Kita mau lihat rumahnya bagaimana begitu, apa sesuai dengan laporan kekayaan yang disampaikan, kemudian supaya lebih familiar dalam hal ini dengan Komisi I," kata Tamliha, Jumat 5 November 2021.

 

5 dari 6 halaman

4. DPR Gelar Rapat Paripurna dan Akan Dilantik Jokowi

Andika Perkasa telah mendapat persetujuan Komisi I DPR RI untuk maju ke Rapat Paripurna DPR RI untuk disahkan sebagai calon Panglima TNI.

Rapat tersebut rencananya akan dihelat pada Senin 8 November 2021. Setelah disahkan, Andika akan dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Panglima TNI.

6 dari 6 halaman

Karier Moncer dan Harta Kekayaan Jenderal Andika Perkasa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.