Sukses

Puluhan Hewan di Taman Kota Tangerang Disuntik Vaksin Scabies

Dokter Klinik Hewan DKP Kota Tangerang, Bintang Mustika mengatakan, di Taman Burung terdapat seekor burung yang terkonfirmasi mengidap Scabies.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan ekor hewan yang dipelihara di taman terbuka milik Pemkot Tangerang disuntik Vaksin Scabies oleh dokter hewan. Mulai dari burung, kelinci, hingga unggas lainnya.

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang turun langsung ke Taman Kupu-Kupu dan Kelinci (Kunci), serta Taman Burung. Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, Jumat (5/11/2021).

Dokter Klinik Hewan DKP Kota Tangerang, Bintang Mustika mengatakan, di Taman Burung yang terletak di Taman Mohammad Yamin terdapat seekor burung yang terkonfirmasi mengidap Scabies. Petugas pun langsung menyuntikkan vaksin dan mengkarantina burung tersebut.

"Kalau di Taman Burung itu sih masih oke lah, cuma tadi ada burung baru nemu satu (Scabies), jadi nanti perlu dikarantina dulu dikandangin sendiri diobservasi lebih jauh lagi," kata Bintang

Beralih ke Taman Kunci di Jalan Teuku Umar, Cikokol, ternyata didapati semua kelinci mengidap penyakit tersebut. Sehingga, perawatan rutin harus dilakukan.

"Kalau taman kelinci, itu semua kelinci Scabies emang harus ada perawatan rutin disuntik Scabies," tutur Bintang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa itu Scabies?

Scabies adalah penyakit kulit yang sering dijumpai pada ternak dan hewan. Scabies juga merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit dan disebabkan oleh tungau Sarcoptes Scabiei.

"Kalau untuk pengecekan paling nanti seminggu dua kali. Kalau perawatan Scabies disuntiknya seminggu sekali," kata Bintang.

Pihaknya pun mewanti-wanti para petugas untuk menjaga kebersihan kandang para hewan itu. Serta, menjaga hewan agar tetap mendapat pakan yang higienis.

"Apalagi ini musim hujan banyak penyakit lebih cepat nular. Scabies buat mematikan siklus tungau. Scabies sering penularannya lebih cepat penyakit parasit," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.