Sukses

7 Fakta Terkait Oknum Polantas yang Minta Jatah Sekarung Bawang

Belum lama ini viral video yang memperlihatkan oknum polisi lalu lintas (polantas) yang meminta jatah sekarung bawang.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini viral video yang memperlihatkan oknum polisi lalu lintas (polantas) yang meminta jatah sekarung bawang.

Video viral yang memerlihatkan insiden tersebut diunggah pertama kali oleh akun Facebook Irwanto dan kemudian diunggah ulang oleh akun Instagram @majeliskopi98 pada Senin 1 November 2021.

Alih-alih menolak pemberian uang dari sopir truk sebesar Rp 100 ribu, oknum polantas tersebut justru meminta sekarung bawang.

"Aku kena tilang tapi dimintain bawang satu karung bos, polisi," kata sopir truk.

"Saya dimintain satu karung, dikasih Rp 100 ribu nggak mau mintanya satu karung bawang. Pelat nomor A 3870 ME," tutupnya.

Kejadian tersebut dibenarkan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Dia menerangkan, Aiptu PDH sedang patroli di sekitar Jalan P2 Bandara Soekarno-Hatta. Dia melihat ada truk muatan bawa dengan menggunakan pelat nomor BG.

Ada pun, lanjut Yusri, Aiptu PDH lalu memberhentikan pengemudi guna mengecek surat-surat kendaraan.

"Pengemudi truk tidak membawa surat-surat," terang Yusri.

Berikut fakta-fakta terkait oknum polisi lalu lintas (polantas) yang meminta jatah sekarung bawang dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Video Viral di Sosial Media

Belum lama ini viral video oknum polisi lalu lintas (polantas). Polisi tersebut diduga telah menindak pelanggar aturan lalu lintas tak sesuai aturan. Saat memberi tilang sopir truk polisi itu malah meminta sekarung bawang.

Kejadian ini diungkap langsung oleh sopir truk yang terkena tilang. Video viral yang memerlihatkan insiden tersebut diunggah pertama kali oleh akun Facebook Irwanto dan kemudian diunggah ulang oleh akun Instagram @majeliskopi98 pada Senin 1 November 2021.

Di video yang diunggah terlihat seorang pria yang diduga sopir truk tengah mengikat tutup bak truk. Sementara itu, pria di sampingnya alias perekam video mengungkapkan fakta mengejutkan.

Keduanya terkena tilang polisi, namun oknum petugas tersebut malah meminta jatah satu karung bawang. Dalam video pun terlihat ada satu karung yang diletakkan di motor polisi.

"Aku kena tilang tapi dimintain bawang satu karung bos, polisi," kata sopir truk.

Sebenarnya sopir truk telah berusaha untuk membayar sebesar Rp100 ribu ke polisi. Hanya saja uang tersebut ditolak dan polisi malah meminta jatah sekarung bawang.

"Saya dimintain satu karung, dikasih Rp 100 ribu nggak mau mintanya satu karung bawang. Pelat nomor A 3870 ME," tutupnya.

 

3 dari 8 halaman

2. Polda Metro Jaya Tak Tinggal Diam

Viral rekaman yang memperlihatkan polisi lalu lintas atau polantas yang meminta jatah satu karung bawang ke pengemudi truk. Bidang Propam Polda Metro Jaya pun turun tangan memeriksa oknum tersebut.

Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono menerangkan, pihaknya telah mendapatkan identitas anggota polantas yang ada di dalam rekaman video viral tersebut. Dia adalah Anggota Lalu Lintas Polres Bandara.

"Sudah kami monitor," jawab Argo soal video viral itu, Selasa 2 November 2021.

Argo tak menyebut identitas anggota tersebut. Menurut dia, anggota itu sedang menjalani pemeriksaan di Propam Polda Metro Jaya.

"Sedang dilakukan klarifikasi dan diperiksa di Propam Polda Metro Jaya," terang dia.

 

4 dari 8 halaman

3. Polantas Dicopot dari Jabatan

Anggota Satlantas Polres Bandara Soekarno-Hatta berinisial Aiptu PDH yang meminta sekarung bawang itu dicopot dari jabatan.

"Yang bersangkutan sudah dilakukan pemeriksaan oleh Bidang Propam Polda Metro Jaya dan langsung dicabut ditarik dipindahtugaskan jadi bintara, sementara ini bintara Yanma," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.

Yusri menerangkan, Aiptu PDH sampai saat ini masih menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Dalam hal ini Yusri kembali menggulang pernyataan Kapolda Metro Jaya, bahwa anggota yang melanggar akan ditindak tegas.

"Kita akan proses secara tegas, kapolda sudah menyampaikan," terang dia.

 

5 dari 8 halaman

4. Kronologi Kejadian

Yusri menjelaskan kronologi rekaman video oknum anggota polantas yang diduga minta jatah sekarung bawang ke pelanggar lalu lintas. Rekaman video itu pun viral di media sosial.

Yusri membenarkan adanya peristiwa tersebut. Seorang pengguna jalan merekam ulah anggota Satlantas Polresta Bandara pada 1 November 2021 sekira pukul 18.30 WIB.

Yusri menerangkan, Aiptu PDH sedang patroli di sekitar Jalan P2 Bandara Soekarno-Hatta. Dia melihat ada truk muatan bawa dengan menggunakan pelat nomor BG.

Adapun, Aiptu PDH lalu memberhentikan pengemudi guna mengecek surat-surat kendaraan.

"Pengemudi truk tidak membawa surat-surat," ujar Yusri.

Yusri menyebut, pengemudi dinilai melanggar aturan lalu lintas. Namun, yang terjadi pengemudi tak dikenakan sanksi tilang.

"Yang terjadi adalah bahwa ada satu pelanggaran yang dibuat petugas tersebut dengan menerima, jadi pelanggaran lalu lintas tidak dilakukan penilangan, tapi ditukar dengan satu karung bawang putih," terang dia.

 

6 dari 8 halaman

5. Dirlantas Minta Maaf

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo, menyampaikan permohonan maaf atas perilaku polantas yang meminta jatah bawang sekarung saat akan tilang sopir truk.

Sebelumnya, Aiptu PDH terekam kamera meminta sekarung bawang putih kepada pelanggar lalu lintas di Jalan P2 Bandara Soekarno-Hatta dan videonya viral.

"Saya selaku Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya meminta maaf apabila masih ada perilaku anggota kami yang melukai hati masyarakat," kata Sambodo di Subdit Bin Gakkum, Rabu 3 November 2021.

Dia berkomitmen akan membenahi anggota Polisi Lalu Lintas atau polantas. Dia berjanji polantas akan lebih membantu masyarakat yang membutuhkan. Oleh karena itu, dia berecana membuka layanan pengaduan.

Jadi, apabila ditemukan anggota di wilayah hukum Polda Metro Jaya melakukan hal-hal yang tercela, masyarakat bisa langsung melaporkannya.

"Kami akan berusaha untuk lebih baik, silakan laporkan," terang Sambodo.

 

7 dari 8 halaman

6. Terungkap Motif Polantas

Polda Metro Jaya mengungkap motif oknum polantas berinisial Aiptu PDH meminta jatah sekarung bawang kepada pengemudi truk yang diberhentikan.

Sambodo mengungkapkan, motif Aiptu PDH adalah kenakalan anggota. Aksi polantas meminta jatah sekarung bawang itu terungkap setelah viral di media sosial.

"Saya katakan ada kenakalan anggota, makanya ada pelanggaran yang dilakukan oleh anggota tersebut. Sehingga kita melakukan penindakan secara tegas," kata Sambodo.

Sambodo menerangkan, Aiptu PDH ketika itu menemukan suatu pelanggaran lalu lintas. Tapi bukannya diberikan saksi tilang, pengemudi truk yang melanggar lalu lintas itu justru diminta sekarung bawang.

"Ini kan memang nakal. Jadi, walaupun secara random tidak ada SIM, STNK bahwa kendaraan apa. Jadi, ketika menemukan ada pelanggaran atau pun ketika dimintai uang malah minta bawang, ini memang nakal," ucap dia.

 

8 dari 8 halaman

7. Polantas Ditahan

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menahan Aiptu PDH, oknum polantas yang viral karena meminta jatah sekarung bawang kepada sopir truk.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo menerangkan, Aiptu PDH ditahan selama menjalani proses pemeriksaan di Bidang Propam Polda Metro Jaya.

"Saat ini melaksanakan pemeriksaan, dan sedang ditahan dalam rangka pemeriksaan tersebut," ujar dia.

Senada dengan Sambodo, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menegaskan, pihaknya mengusut tuntas kasus Aiptu PDH. Yusri kembali menegaskan, bahwa Aiptu PDH telah ditahan dan dicopot dari anggota polantas.

"Aiptu PDH dipindahtugaskan ke Polda Metro Jaya, ditarik dari lalu lintas Bandara sana. Sekarang yang bersangkutan kita lakukan penahanan," jelas Yusri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.