Sukses

Terungkap, Ini Motif Polantas Minta Jatah Sekarung Bawang ke Sopir Truk

Aiptu PDH telah dicopot dari anggota polantas setelah aksinya meminta jatah sekarung bawang ke sopir truk, viral di media sosial. Kini dia ditugaskan ke bagian yang tidak bersentuhan dengan pelayanan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya mengungkap motif oknum polisi lalu lintas (Polantas) berinisial Aiptu PDH meminta jatah sekarung bawang kepada pengemudi truk yang diberhentikan. 

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengungkapkan, motif Aiptu PDH adalah kenakalan anggota. Aksi polantas meminta jatah sekarung bawang itu terungkap setelah viral di media sosial.

"Saya katakan ada kenakalan anggota, makanya ada pelanggaran yang dilakukan oleh anggota tersebut. Sehingga kita melakukan penindakan secara tegas," kata Sambodo di Kantor Subdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Rabu (3/11/2021).

Sambodo menerangkan, Aiptu PDH ketika itu menemukan suatu pelanggaran lalu lintas. Tapi bukannya diberikan saksi tilang, pengemudi truk yang melanggar lalu lintas itu justru diminta sekarung bawang.

"Ini kan memang nakal. Jadi, walaupun secara random tidak ada SIM, STNK bahwa kendaraan apa. Jadi, ketika menemukan ada pelanggaran atau pun ketika dimintai uang malah minta bawang, ini memang nakal," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dicopot dari Polantas

Atas perbuatannya itu, Sambodo menyebut Aiptu PDH dicopot dari anggota polantas. Ia dipindah ke Yanma Bintara Polda Metro Jaya.

"Yang jelas sudah tidak lagi menjadi anggota polantas sudah dipindahkan ke satker yang tidak langsung berhubungan dengan masyarakat," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.