Sukses

Polantas Minta Jatah Sekarung Bawang ke Sopir Truk, Dirlantas Minta Maaf

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo, menyampaikan permohonan maaf atas perilaku polantas yang meminta jatah bawang sekarung saat akan tilang sopir truk.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo, menyampaikan permohonan maaf atas perilaku polantas yang meminta jatah bawang sekarung saat akan tilang sopir truk.

Sebelumnya, Aiptu PDH terekam kamera meminta sekarung bawang putih kepada pelanggar lalu lintas di Jalan P2 Bandara Soekarno-Hatta dan videonya viral.

"Saya selaku Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya meminta maaf apabila masih ada perilaku anggota kami yang melukai hati masyarakat," kata Sambodo di Subdit Bin Gakkum, Rabu (3/11/2021).

Dia berkomitmen akan membenahi anggota Polisi Lalu Lintas atau polantas. Dia berjanji polantas akan lebih membantu masyarakat yang membutuhkan. Oleh karena itu, dia berecana membuka layanan pengaduan.

Jadi, apabila ditemukan anggota di wilayah hukum Polda Metro Jaya melakukan hal-hal yang tercela, masyarakat bisa langsung melaporkannya.

"Kami akan berusaha untuk lebih baik, silakan laporkan," tandas Sambodo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tolak Uang Rp 100.000

Sebelumnya, rekaman berdurasi 31 detik menampilkan anggota lalu lintas yang sedang berdiri. Dia mengenakan seragam polisi lengkap dengan rompi hijau. Di sampingnya persis terparkir sepeda motor matic. Terlihat juga sekarung bawang. Sementara itu perekam video juga menyorot rekannya dan merampikan tali.

Saat itulah, rekannya berbicara situasi yang dialaminya.

"Aku minta maaf bos, aku kena tilang tapi dimintai satu karung bawang. Nih bos polisi, tolong rekan-rekan bantu kondisi saya. Nih saya dimintai satu karung. Di kasih Rp 100 ribu gak mau mintanya satu karung bawang. Plat Nomor A*****," seperti dikutip, Selasa (21/11/2021).

3 dari 3 halaman

Kronologi

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menjelaskan kronologi rekaman video oknum anggota Polisi Lalu Lintas (Polantas) yang diduga minta jatah sekarung bawang ke pelanggar lalu lintas. Rekaman video itu pun viral di media sosial.

Yusri membenarkan adanya peristiwa tersebut. Seorang pengguna jalan merekam ulah anggota Satlantas Polresta Bandara pada 1 November 2021 sekira pukul 18.30 WIB.

Yusri menerangkan, Aiptu PDH sedang patroli di sekitar Jalan P2 Bandara Soekarno-Hatta. Dia melihat ada truk muatan bawa dengan menggunakan pelat nomor BG.

Adapun, Aiptu PDH lalu memberhentikan pengemudi guna mengecek surat-surat kendaraan.

"Pengemudi truk tidak membawa surat-surat," ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Selasa (2/11/2021).

Yusri menyebut, pengemudi dinilai melanggar aturan lalu lintas. Namun, yang terjadi pengemudi tak dikenakan sanksi tilang.

"Yang terjadi adalah bahwa ada satu pelanggaran yang dibuat petugas tersebut dengan menerima, jadi pelanggaran lalu lintas tidak dilakukan penilangan, tapi ditukar dengan satu karung bawang putih," terang dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.