Sukses

Cegah Penyebaran Radikalisme, BNPT Tingkatkan Kerja Sama dengan UEA

Boy memastikan, kerjasama antara UEA dengan Indonesia dalam penanggulangan terorisme dan radikalisme akan terus dikembangkan dalam upaya bersama mewujudkan kehidupan dunia yang damai penuh dengan semangat toleransi.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Boy Rafli Amar menggelar pertemuan dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Uni Emirat Arab (UEA), Husin Bagis di Abu Dhabi, Minggu, 31 Oktober 2021. 

Pertemuan ini membahas upaya penguatan kerjasama yang dapat dilakukan dibawah payung Memorandum Of Understanding dengan pihak Uni Emirat Arab terkait Penanggulangan Terorisme.

Dalam pertemuan itu, Boy mengatakan selama ini BNPT dan UEA telah bekerja sama di bidang pertukaran informasi pencegahan dan penanggulangan terorisme di tingkat nasional, regional dan global. 

Boy memastikan, kerjasama akan terus dilanjutkan dan dikembangkan dalam upaya bersama mewujudkan kehidupan dunia yang damai penuh dengan semangat toleransi.

"Kita berharap kerjasama ini nantinya bisa mendukung terwujudnya kehidupan dengan semangat bertoleransi di antara umat beragama, sebagaimana yang kita lihat di UEA yang sudah sangat bagus sekali dan ini bisa menjadi role model, karena keberagaman yang ada di negara kita,” jelas jenderal bintang tiga ini.

Sementara itu, Duta besar Indonesia untuk UEA juga turut mendukung segala upaya Indonesia melalui BNPT dalam menanggulangi paham radikalisme yang masih terus berkembang di Indonesia. 

Upaya itu salah satunya dengan program pendidikan untuk menjadi imam masjid di UEA bagi penduduk Indonesia dari Aceh hingga Papua agar tidak mudah terpapar paham radikal terorisme.

"Tentunya UEA ingin membantu Indonesia dalam hal menanggulangi terorisme, seperti kita kirim imam yang mau mengajarkan kepada prajurit-prajurit yang mengalami mental spiritual, untuk didik agar tidak terpengaruh paham terorisme,” kata Husin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belajar Dakwah dengan Ulama UEA

Boy berharap, jika ulama di Indonesia dapat belajar berdakwah dengan ulama di UEA. 

"Kami melihat bahwa kegiatan-kegiatan yang perlu kita dalami adalah bagaimana kegiatan yang terkait dengan kontra radikalisme terutama adalah dengan beliau sampaikan adanya Imam atau ulama-ulama yang dikirim untuk untuk menambah atau menimba ilmu,” ujar Boy.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BNPT juga menyampaikan akan terus mendorong moderasi beragama dan melawan narasi-narasi bernada provokasi demi kehidupan yang damai dengan mencontoh apa yang telah dibangun di jazirah Arab khususnya di UEA.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.