Sukses

5 Pernyataan Terkini Menkes Budi soal Penanganan Covid-19 Indonesia

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan perkembangan terkini penanganan kasus Covid-19 di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan perkembangan terkini penanganan kasus Covid-19 di Indonesia.

Di antaranya disampaikan Menkes Budi, tindak lanjut vaksinasi Covid-19 dalam evaluasi mingguan PPKM berjalan semakin baik.

Perkembangan terakhir, menurut data yang diterima Budi, angka vaksinasi Covid-19 untuk keseluruhan sudah mencapai 194 juta suntikan.

"Kita harapkan minggu ini bisa menyentuh 200 juta suntikan. Karana tiap 5 minggunya, kita nambah 50 juta suntikan," ujar Budi saat jumpa pers daring, Senin (1/11/2021).

Sehingga, dirinya pun berharap, pada akhir tahun ini Indonesia bisa mencapai angka hingga 300 juta suntikan. Dengan begitu, capaian kekebalan komunal akan bisa terwujud.

"Akhir tahun dosis pertama sebanyak 168 juta orang atau 80,9 persen yang lengkap dosis kedua adalah 123 juta orang atau 59 persen," papar Budi.

Berikut 5 perkembangan terkini penanganan kasus Covid-19 di Indonesia dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Suntikan Vaksin Covid-19 Sudah Capai 194 Juta

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, tindak lanjut vaksinasi Covid-19 dalam evaluasi mingguan PPKM berjalan semakin baik.

Perkembangan terakhir, menurut data yang diterima Budi, angka vaksinasi Covid-19 untuk keseluruhan sudah mencapai 194 juta suntikan.

"Kita harapkan minggu ini bisa menyentuh 200 juta suntikan. Karana tiap 5 minggunya, kita nambah 50 juta suntikan," kata Budi saat jumpa pers daring, Senin (1/11/2021).

 

3 dari 7 halaman

2. Harapkan Kekebalan Komunal Tercapai Akhir Tahun Ini

Budi merinci, sebanyak 119 juta suntikan atau 57 persen dari total vaksinasi Covid-19 sudah mendapatkan dosis pertama.

Kemudian sisanya atau 73,3 juta suntikan sudah melengkapi dua dosis atau sekira 35 persen dari total suntikan keseluruhan.

Budi berharap, pada akhir tahun ini Indonesia bisa mencapai angka hingga 300 juta suntikan. Dengan begitu, capaian kekebalan komunal akan bisa terwujud.

"Akhir tahun dosis pertama sebanyak 168 juta orang atau 80,9 persen yang lengkap dosis kedua adalah 123 juta orang atau 59 persen," ucap dia.

 

4 dari 7 halaman

3. Sebut Kasus Covid-19 di Sekolah Tatap Muka Tergolong Sedikit

Budi kemudian menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan terus memantau kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19.

Dengan pemantauan ini diharapkan tingkat penularan covid-19 bisa terkendali meskipun ada sekolah tatap muka.

"Kita ingin memastikan protokol kesehatan di sekolah-sekolah yang melakukan kelas tatap muka sekarang sudah mulai kita jalankan, termasuk active surveilance," terang Budi.

Dia mengakui bahwa ada beberapa sekolah yang melihat kasus konfirmasi (Covid-19), namun dengan jumlah yang sedikit.

"Data menunjukkan memang ada beberapa sekolah yang melihat kasus konfirmasi (COVID-19) tapi jumlahnya relatif sedikit. Data kasus konfirmasi yang di atas 5 persen positivity rate di sekolah juga sudah ada," beber Budi.

 

5 dari 7 halaman

4. Sekolah Bisa Dihentikan 14 Hari Jika Kasus Positif Covid-19 Naik

Dikatakan Budi, data tersebut sudah dibagikan pihak Kemenkes kepada Kementerian Pendidikan (Kemendikbud).

Pembagian data tersebut dilakukan agar setiap sekolah bisa melihat informasi, dan detail mengenai siapa saja murid-murid mereka yang dites positif Covid-19 dengan PCR maupun Antigen.

Jika terjadi lonjakan dini kasus Covid-19 di level kelas tertentu, maka kelas di sekolah tersebut akan disarankan untuk ditutup.

"Dan kalau itu sudah cukup luas menyebar di sekolah tersebut maka kita akan menutup sekolahnya selama 14 hari, dengan i sekolah lain yang masih bisa berjalan," ujar Budi.

Setelah pemberhentian selama 14 hari, sekolah tersebut bisa kembali melakukan kelas tatap muka dengan perbaikan dari implementasi protokol kesehatan.

 

6 dari 7 halaman

5. Beberkan Stok Vaksin Covid-19 Indonesia Tersisa 47 Juta Dosis

Terakhir, Budi menyatakan stok vaksin Covid-19 di Indonesia saat ini sebanyak 47 juta dosis.

Dia menerangkan, secara total Indonesia memiliki sekitar 252 juta dosis vaksin Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 241 dosis telah didistribusikan ke seluruh Indonesia.

"Kita sekarang memiliki 252 juta dosis, di mana 241 juta sudah didistribusikan ke Kabupaten-Kota dan dari 241 juta dosis vaksin ini sudah terpakai 194 juta," terang Budi.

Sedangkan sisanya, lanjut dia, masih ada sekitar 47 juta dosis vaksin Covid-19. Jumlah tersebut diperkirakan cukup untuk penyuntikan 1 bulan ke depan.

"Jadi masih ada sekitar 47 juta yang ada di stok provinsi, kabupaten dan kota, yang relatif cukup untuk cadangan suntikan hingga satu bulan ke depan," jelas Budi.

7 dari 7 halaman

Optimistis Kasus Covid-19 Terus Turun, tapi Tetap Waspada

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.