Sukses

Anies Baswedan Sebut Surutnya Banjir Jakarta Bukan Semata-mata karena Gravitasi

Anies Baswedan mengatakan, surutnya suatu kawasan usai tergenang banjiri bukan hanya mengandalkan grativasi. Namun, mengandalkan kerja Pemprov yang menggunakan pompa.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, surutnya suatu kawasan usai tergenang banjir bukan hanya mengandalkan grativasi, melainkan mengandalkan kerja Pemprov yang menggunakan pompa.

"Ketika sebuah kawasan tergenang, biasanya bisa sampai 3-4 hari, di hari itu semua damkar dikerahkan. Kemudian pompa mobile dikerahkan, itu yang kita kerjakan. Surutnya bukan semata-mata gravitasi, tapi karena ditarik oleh pompa," kata Anies dalam keterangannya kepada awak media, Minggu (31/10/2021).

Selain menangani ancaman genangan, pihaknya juga telah menyiapkan tempat pengungsian beserta protokol kesehatannya.

Walau demikian, mantan menteri pendidikan ini berharap Jakarta terus dijauhkan dari bala bencana banjir.

"Penanganan pengungsi itu sudah disiapkan tempat-tempatnya, protokol kesehatannya dan kita berharap tentu musim penghujan kali ini mudah-mudahan kita dijauhkan dri banjir. Karena jumlah hujan itu di luar kendali kita, tapi bila curah hujan melampaui ambang batas, maka kita punya target untuk menyelesaikan secepatnya," kata Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Skenario

Sebelumnya, Anies mengatakan, pihaknya menyiapkan skenario antisipasi menghadapi ancaman banjir menyusul musim hujan yang sudah datang.

Menurut dia, ancaman banjir sudah diantisipasi Pemprov DKI Jakarta dengan tiga langkah.

"Pertama menyusun skenario siapa mengerjakan apa, sehingga ketika ada kejadian. Kita bisa mendistribusikan pekerjaan dengan baik. Kedua, memastikan tugas dijalankan. Kemudian, menyiapkan pompa mobile," kata Anies dalam keterangan diterima, Minggu (31/10/2021).

Dia menambahkan, pada tahun lalu Pemprov DKI Jakarta sudah menggunakan simulasi terhadap ancaman banjir. Simulasi itu diklaim Anies berhasil menyiasati genangan dan banjir pada Februari kemarin.

"Ketika terjadi hujan melampau kapasitas daya tampung, otomatis (ada) genangan dan banjir, maka target untuk bisa mengeringkan itu bisa tercapai. Kenapa? Karena semua sumber daya dikerahkan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.