Sukses

Absen Melepas Jokowi Kunjungan Kerja ke 3 Negara, Kemana Panglima TNI?

Heru menyebut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memang mengutus KSAD Jenderal Andika Perkasa untuk melepas Jokowi dan rombongan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke tiga negara yaitu Italia, Inggris Raya dan Persatuan Emirat Arab pada Jumat (30/10/2021) pagi. Dalam rombongan yang melepas keberangkatan Jokowi pagi tadi, tidak nampak Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, melainkan ada Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa.

Kemudian, kemana Panglima Marsekal Hadi Tjahjanto?

"Sedang ada tugas lain Pak Panglima," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi, Jumat (29/10/2021).

Heru menyebut Panglima memang mengutus Andika untuk melepas Jokowi dan rombongan. “Iya begitu (Andika diutus Panglima),” katanya.

Kehadiran Andika membuat spekulasi bahwa Jokowi akan menunjuk Andika sebagai pengganti Marsekal Hadi. Pimpinan DPR Sufmi Dasco Ahmad belum mengkonfirmasi apakah surpres Jokowi terkait panglima telah diterima DPR.

Hadiri Acara di Singapura

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto diberikan tanda kehormatan Darjah Utama Bakti Cemerlang atau Distinguished Service Order oleh Presiden Singapura YM. Halimah Yacob. Pemberian penghargaan tersebut disematkan langsung di Istana Kepresidenan Singapura, Jumat (29/10/2021).

"Tanda kehormatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pengabdian dan jasa yang luar biasa Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam meningkatkan hubungan baik antara TNI dengan Angkatan Bersenjata Singapura," kata Kabid Peninter Puspen TNI Kolonel Laut (P) Djawara H.T. Whimbo dalam keterangan tertulis kepada merdeka.com, Jumat (29/10/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertama Kali Diberikan

Pemberian penghormatan ini pertama kali diberikan, setelah 2 tahun Presiden Singapura tidak memberikan medali penghormatan. Whimbo juga menjelaskan dalam kunjungan kali ini Hadi juga melaksanakan kunjungan kepada Menhan Singapura YM. Dr. Ng Eng Hen dan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura Letnan Jenderal Melvyn Ong, PPA (E).

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Dubes LBBP RI untuk Republik Singapura Suryo Pratomo, Asisten Operasi Panglima TNI dan Kepala Pusat Kerjasama Internasional TNI.

Untuk diketahui sebelumnya pada Jumat(29/10) hari ini Hadi absen untuk melepas Presiden Joko Widodo(Jokowi) untuk lawatan ke tiga negara yaitu Italia, Inggris Raya, dan Uni Emirat Arab. Hadi pun mengutus Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa untuk hadir.

Reporter: Intan Umbari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.