Sukses

Di Hari Sumpah Pemuda, 11 Anak Muda Inspiratif Raih SATU Indonesia Award 2021

Sebanyak 11 anak muda inspiratif dari berbagai wilayah di Indonesia meraih penghargaan SATU Indonesia Awards 2021 yang digagas oleh Astra International.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 11 anak muda inspiratif dari berbagai wilayah di Indonesia meraih penghargaan dari SATU Indonesia Awards 2021 yang digagas oleh Astra International. Penghargaan ini terasa spesial karena bertepatan dengan momen peringatan 93 tahun Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2021.

Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards telah memasuki tahun ke 12. Ini merupakan  program yang mengapresiasi para pemuda di seluruh penjuru Tanah Air atas semangat dan dedikasinya membawa perubahan bagi masyarakat sekitar.

Masih dalam suasana pandemi, SATU Indonesia Awards 2021 digelar secara virtual. Rangkaian acara SATU Indonesia Awards 2021 yang terdiri dari bincang Inspiratif Astra Talks, Awarding, serta music performance tersebut mengangkat tema "Semangat Melaju Bersama" yang sesuai dengan makna Sumpah Pemuda untuk bangkit di tengah kesulitan.

Pandemi Bukan Halangan untuk Movement

Belasan ribu anak muda inspiratif yang dikurasi oleh SATU Indonesia Awards 2021 berhasil membuat sebuah movement di lingkungan sekitar mereka. Hal ini membuktikan jika keterbatasan di masa pandemi seperti sekarang tidak membuat semangat mereka surut. Hal ini diapresiasi juga oleh Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro.

“Pada masa penuh tantangan seperti saat ini, ternyata tidak menyurutkan semangat anak muda di seluruh Indonesia untuk terus berkarya. Semoga melalui pelaksanaan SATU Indonesia Awards ke-12, semakin banyak pemuda-pemudi yang dapat menjadi inspirasi untuk semangat melaju bersama dalam memajukan bangsa,” ujar Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro dalam sambutannya pada acara awarding 12th SATU Indonesia Awards 2021 pada hari ini (28/10).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dedikasi dan Kreativitas Anak Muda Bikin Terharu

Dedikasi dan kreativitas yang ditunjukkan oleh anak-anak muda Tanah Air ini pun layak diacungi jempol. Betapa tidak, di tengah kesulitan dan tantangan, mereka tetap gigih dalam memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Hal inilah yang membuat Billy Boen, founder Young on Top sekaligus juri dari SATU Indonesia Awards ke-12 merasa terharu.

"Ketika melakukan kurasi dan penilaian, ada banyak sekali obstacle dan challenge yang dihadapi oleh para pemuda ini. Tapi apa yang dilakukan para finalis ini benar-benar membuat kagum lantaran mereka mampu berjalan extra miles dan selfless bahkan di tengah keterbatasan," tutur Billy Boen.

Bukti Semangat Sumpah Pemuda Mengalir di Generasi Muda Saat Ini

Apa yang dilakukan oleh anak-anak muda generasi terkini adalah representasi dari para pejuang yang dulu berikrar pada 28 Oktober 1928. Salah satu dewan juri yang juga Head of Corporate Communication Astra yaitu Boy Kelana Soebroto mengatakan jika peperangan terhadap pandemi dan masalah sosial yang kini menghalangi mampu dihadapi oleh para pemuda di era sekarang.

"93 tahun lalu para pemuda bersatu dalam tonggak persatuan dalam memerdekakan Indonesia. Saat ini, kita bisa melihat ratusan bahkan ribuan anak muda dari seluruh penjuru Tanah Air melakukan tugasnya bagi lingkungan sekitar. Kami dari Astra pun sangat tersanjung dan memberikan apresiasi atas apa yang telah mereka lakukan," ujar Boy Kelana.

3 dari 3 halaman

Semangat untuk Berkontribusi terhadap Sesama Jadi Kunci

Apa yang dilakukan oleh para finalis SATU Indonesia Awards ke-12 dan ribuan pemuda lainnya bukanlah hal mudah. Meski banyak tantangan yang menghalangi, namun semangat untuk terus berbagi adalah kunci yang mampu membukakan pintu kesuksesan.

"Kami terinspirasi dari almarhum BJ Habibie. Beliau pernah mengatakan jika kita sebagai anak muda harus selalu bermanfaat bagi sesama pemuda lainnya. Untuk itulah kami berharap agar segala sesuatu yang kami lakukan bisa menyebar ke pemuda lainnya," ujar Hendra, Pemberdaya Nelayan dengan Lobstech melalui Penerapan Teknologi Berbasi IoT.

Di sisi lain, ada banyak pemuda yang belum menyadari jika karya yang dilakukannya sangat berdampak bagi lingkungan sekitarnya. Padahal langkah sekecil apapun akan membawa perubahan besar di masa depan. 

"Banyak pemuda yang memiliki keresahan untuk terus bermanfaat bagi lingkungan. Namun kuncinya adalah mulai saja dulu dari lingkungan sekitar, karena hal ini akan membukakan pintu kesuksesan pada akhirnya," jelas Vania Febriyantie, Petani Kota dengan Advance Payment.

Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2021 

Kesebelas penerima apresiasi di ajang SATU Indonesia Awards 2021 terbagi dalam dua kelompok, yang terdiri atas enam penerima apresiasi kategori umum serta lima penerima apresiasi pada kategori khusus. 

Berikut keenam anak muda inspiratif dari kategori umum:

  1. Rahmad Maulizar, “Pemberi Senyum dan Harapan Baru untuk Anak Sumbing” –Banda Aceh, Aceh (bidang Kesehatan).
  2. Achmad Irfandi, “Penggerak Konservasi Budaya ‘Kampung Lali Gadget’” – Sidoarjo, Jawa Timur (bidang Pendidikan).
  3. Arky Gilang Wahab, “Penggerak Program Sistem Konversi Limbah Organik untuk Ciptakan Ketahanan Pangan” – Banyumas, Jawa Tengah (bidang Lingkungan).
  4. Yudi Efrinaldi, “Perintis ‘Es Gak Beres yang Sangat Beres’” – Asahan, Sumatera Utara (bidang Kewirausahaan).
  5. Hendra, “Pemberdaya Nelayan dengan ‘Lobstech’ melalui Penerapan Teknologi Berbasis IOT” – Jember, Jawa Timur (bidang Teknologi).
  6. Siti Salamah, “Penggerak Sistem Pengelolaan Sampah Terintegrasi Berbasis Teknologi” – Tangerang Selatan, Banten (kategori Kelompok).

Berikut kelima anak muda inspiratif dari kategori khusus:

  1. Elmi Sumarni Ismau, “Sahabat Difabel dari Kupang” – Kupang, Nusa Tenggara Timur.
  2. Gede Andika, “Penggerak Kreasi Edukasi Bahasa dan Literasi Lingkungan – Desa Pemuteran” – Buleleng, Bali.
  3. Maman Sulaeman, “Pengembang Aplikasi Penilaian Belajar ‘Tanpa Sinyal, Tanpa Server’” – Pekalongan, Jawa Tengah.
  4. Muhammad Zidny Kafa, “Penata Panggung Tanggap COVID-19” – Bantul, DI Yogyakarta.
  5. Vania Febriyantie, “Petani Kota dengan Advance Payment” – Bandung, Jawa Barat.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini