Sukses

Ini Agenda Jokowi Selama Kunker di 3 Negara

Kunjungan pertama Jokowi adalah Roma, Italia, untuk berpartisipasi pada KTT G20 yang akan berlangsung 30-31 Oktober 2021.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke tiga negara, yakni Italia, Inggris, dan Uni Emirat Arab (UEA). Lawatan kali ini adalah kunker luar negeri pertama Jokowi selama pandemi Covid-19.

"Pagi hari ini saya akan memulai kunjungan kerja ke tiga negara, yakni ke Italia kemudian ke Inggris Raya dan ke Persatuan Emirat Arab (UEA)," kata Jokowi melalui YouTube Setpres, Jumat (29/10/2021).

Kunjungan pertama Jokowi adalah Roma, Italia. Jokowi mengatakan dia akan berpartisipasi pada KTT G20 di Roma yang akan berlangsung 30-31 Oktober 2021.

Jokowi juga akan berbicara dalam acara UMKM dan peran perempuan, melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin dunia dan juga menerima presidensi G20.

"Saya juga telah diminta untuk berbicara dalam event mengenai usaha mikro, usaha kecil, UMKM dan peran perempuan. Undangan ini menunjukkan pengakuan dunia terhadap kebijakan, keberpihakan kita kepada UMKM dan peran perempuan dalam bisnis UMKM." terang Jokowi.

"Di akhir KTT, Indonesia akan menerima keketuaan presidensi G20 dari Italia. Keketuaan Indonesia ini akan dimulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022. Kegiatan G20 di bawah kepemimpinan Indonesia sudah akan dimulai bulan Desember ini. Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kita, bagi Indonesia dan sekaligus tanggung jawab yang besar, yang harus kita jalankan dengan baik," imbuh dia.

Kunjungan selanjutnya adalah ke Glasgow, Inggris. Jokowi akan menghadiri KTT Perubahan Iklim COP26 yang berlangsung pada 1-2 November 202.

"Posisi Indonesia untuk isu perubahan iklim adalah sangat konsisten dan kita bekerja keras untuk memenuhi apa yang sudah kita komitmenkan. Kita tidak ingin ikut dalam retorika yang pada akhirnya tidak dapat kita jalankan," jelas Jokowi.

"Untuk isu perubahan iklim, Indonesia memiliki peran yang sangat penting, peran yang sangat strategis, antara lain karena Indonesia adalah salah satu pemilik hutan tropis dan hutan mangrove terbesar di dunia. Sudah menjadi komitmen Indonesia untuk menjadi bagian solusi isu perubahan iklim," tambah Presiden.

Masih di Glasgow, Jokowi akan mengunjungi Paviliun Indonesia yang berisi capaian dan peluang kerja sama mengenai penanganan perubahan iklim.

"Saya juga akan melakukan sejumlah pertemuan bilateral. Selain itu saya juga akan melakukan temu bisnis dengan pimpinan bagian dunia bisnis dari Inggris yang merencanakan investasi ke Indonesia," ujar Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertemu Putra Mahkota

Kunjungan terakhir adalah Dubai, UEA. Jokowi akan berada di Dubai dari 3-4 November. Di sana, Jokowi akan bertemu dengan Putra Mahkota dan Ruler of Dubai.

"Tentunya saya akan melakukan pertemuan dengan Putra Mahkota dan juga Ruler of Dubai, dan acara di Dubai akan saya akhiri dengan mengunjungi Dubai Expo di mana kita memiliki Paviliun Indonesia," katanya.

Usai dari Dubai, Jokowi dijadwalkan akan kembali ke Indonesia 5 November 2021.

"Saya akan tiba di Indonesia tanggal 5 November pagi hari," pungkas Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.